Jualan di Baliho Sudah Tak Laku di Era Disrupsi, RK: Mending di Medsos Lebih Interaktif

- Senin, 23 Agustus 2021 | 19:20 WIB
Ridwan Kamil elatihan Candradimuka membuka pelatihan Jabar Coding Camp 2021 (suaramerdeka.com/dok)
Ridwan Kamil elatihan Candradimuka membuka pelatihan Jabar Coding Camp 2021 (suaramerdeka.com/dok)

 

 

BANDUNG, suaramerdeka.com - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (RK) mengingatkan bahwa disrupsi Covid-19 dan Industri 4.0 telah membuat banyak tatanan termasuk banyaknya peran pekerjaan yang semakin hilang.

Untuk itu, diperlukan penyesuaian termasuk kemampuan beradaptasi dengan cara memanfaatkan peluang dibanding mengumbar amarah mengingat akan mempengaruhi pola pikir dan masa depan.

Hal tersebut dikatakan Ridwan Kamil saat membuka secara daring pelatihan Candradimuka Jabar Coding Camp 2021, Senin (23/8). Program gelaran Jabar Digital Service itu bertujuan mencetak talenta digital seiring eranya yang semakin berkembang.

"(Yang semakin dibutuhkan) urusan data, memahami mesin dan internet, spesialis big data, transformasi digital, hingga pengembangan aplikasi, kemudian sales marketing, tidak akan hilang, yang biasanya jualan di baliho, bari baliho na ge teu payu (sembari balihonya juga tak laku), karena sekarang jualannya di medsos, lebih interaktif," jelas RK.

Baca Juga: Norma Baru dalam Keseharian Perlu Disiapkan, Upaya Kendalikan Covid-19

Dari data yang dimilikinya, mantan Walikota Bandung itu menyebut akan ada 75 pekerjaan yang hilang karena digantikan. Hanya saja, di saat bersamaan, timbul peluang pekerjaan yang lebih massif yang mencapai 133 juta kesempatan.

Karena itu, RK mewanti-wanti peserta pelatihan yang mencapai 1.600 orang itu sanggup memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.

Ini termasuk dalam mengembangkan kemampuan pemetaan akan masalah setempat sehingga diharapkan mampu menciptakan peluang pekerjaan dengan berbasiskan ilmu yang didapatkan selama pelatihan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB
X