Tren Ekonomi Digital Masih Gas Pol, Regulasi Keamanan Data Konsumen harus Diperkuat

- Senin, 23 Agustus 2021 | 17:38 WIB
Teknologi Digital/Foto Istimewa
Teknologi Digital/Foto Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo menyatakan bahwa dinamika ekonomi digital masih menunjukan tren menggembirakan. Bahkan, dinamikanya masih bisa berkembang lebih mekar lagi.

Syaratnya, sejumlah tantangan mesti dibereskan terlebih dahulu sehingga optimalisasi itu mampu berjalan maksimal termasuk bagi pelaku UMKM.

Tantangan itu di antaranya adalah persoalan infrastruktur mengingat ketersediaan akses internet yang masih berkutat di Pulau Jawa, kemudian kecepatan internet yang masih perlu ditingkatkan lagi, hingga SDM di antaranya kebutuhan digital talent yang masih terbatas.

Baca Juga: Ini Fakta di Balik Drama Hometown Cha Cha Cha yang Tayang Perdana 28 Agustus

"Tak kalah penting, regulasi, seperti cyber security dan keamanan data konsumen yang masih harus diperkuat. Selain itu, pasokan produk import di jaringan e-commerce masih tinggi," jelasnya secara daring saat "Kick Off Rangkaian West Java Economic Society (WJES) 2021/Road to Kongress ISEI XXI" helaan BI Jabar-ISEI Bandung, Senin (23/8).

Dijelaskan, pesatnya bisnis digital itu di antaranya merujuk pada penetrasi internet yang meningkat 8-10 persen pertahun. Pada tahun lalu, angkanya mencapai 73,7 persen.

Hal itu diikuti oleh kenyataan bahwa transaksi ekonomi dan keuangan digital benar-benar tumbuh dengan pencapaian 44 miliar US Dollar. Dari jumlah tersebut, 32 miliar US Dollar di antaranya berasal dari transaksi di e-commerce.

Dody tak menampik situasi pandemi Covid-19 membuat kondisi tersebut mencuat signifikan. "Total adaptasi terhadap pandemi itu mendorong lahirnya 37 persen konsumen baru ekonomi digiral, sedangkan 45 persen pelaku usaha aktif melakulan penjualan melalui e-commmerce," jelasnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Mulai Distribusikan Vaksin Pfizer, Ini Syarat dan Lokasinya

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X