Pacu Daya Saing IKM, Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Porang

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 13:21 WIB
BUDIDAYA PORANG: Budidaya tanaman porang di daerah Madiun. (suaramerdeka.com / dok)
BUDIDAYA PORANG: Budidaya tanaman porang di daerah Madiun. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Perindustrian terus mendorong potensi pengembangan industri pengolahan porang melalui pendampingan pelaku industri kecil dan menengah (IKM) dengan memfasilitasi peningkatan teknologi produksi.

Industri pengolahan porang merupakan salah satu sektor yang tumbuh positif dan kian merambah pasar ekspor di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19.

Program pendampingan dan fasilitasi tersebut dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo terkait pengolahan porang di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, tim Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin melakukan kunjungan kerja di industri yang telah memproduksi tepung porang, PT. Hayumi Agro Indonesia (HAI) di Gresik, Jawa Timur.

Baca Juga: Diduga Akibat Hujan dan Angin Kencang, Bangunan Atap Bandara Ngloram Ambrol

“Tepung porang hasil produksi PT. HAI ini telah diekspor ke China,” kata Plt. Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita di Jakarta, Minggu, 22 Agustus 2021.

Kapasitas produksi PT. HAI mencapai 2 ton per hari tepung porang, dengan menggunakan bahan baku chip porang sebanyak 3 ton.

Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2018 ini mengambil bahan baku porang dari Kabupaten Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Jember, Kabupaten Probolinggo dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Adapun data konversi/rendemen porang dari chip porang menjadi tepung porang dengan rendemen 60-70 persen.

Direktur IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan, Riefky Yuswandi mengungkapkan, produksi PT. HAI saat ini terkendala oleh injeksi teknologi yang belum dimiliki perusahaan untuk pemurnian glukomanan dari umbi porang.

Baca Juga: Paralimpiade Tokyo 2020, Atlet Para Menembak Siapkan Mental untuk Tampil Maksimal

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Kemenperin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X