Jateng Kembangkan Marketplace Pasar Klaster UMKM, Ada pelatihan Gratis

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:54 WIB
 Jateng Kembangkan Marketplace Pasar Klaster UMKM, Ada pelatihan Gratis (suaramerdeka.com/dok)
Jateng Kembangkan Marketplace Pasar Klaster UMKM, Ada pelatihan Gratis (suaramerdeka.com/dok)



SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemprov Jateng mendorong pelaku UMKM untuk ngelapak secara digital. Untuk itu diselenggarakan sosialisasi dan pelatihan penjualan produk secara gratis bagi pelaku UMKM di Jateng.

Sesuai jadwal, pelatihan itu akan diselenggarakan pada Sabtu 21 Agustus 2021 mulai pukul 10.00 WIB.

Adanya pandemi Covid 19 menyebabkan banyak UMKM yang gulung tikar karena produknya tidak laku di pasaran. Marketplace atau menjual dagangan secara online yang mestinya menjadi opsi namun belum banyak ditempuh oleh UMKM.

Baca Juga: Cegah Kerumunan, Petugas Kecamatan Antar Dokumen Kependudukan ke Rumah

Alasan keterbatasan SDM dan teknologi menjadi kendala. Maka melihat kondisi itu, Bappeda Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Asosiasi Klaster Indonesia dan PT Emporia Digital Raya mengembangkan marketplace yang diberi nama Pasar Klaster UMKM.

Tujuan dari marketplace tersebut adalah mendorong UMKM Jateng memasarkan produknya termasuk memberikan pelatihan pada UMKM yang kurang paham dengan teknologi.

"Saat ini sudah 600 UMKM yang ikut dalam marketplace tersebut, namun masih terbuka lebar untuk UMKM yang lain," kata Ketua Asosiasi Klaster Indonesia, Dr Agus Suryono, Jumat (21/8).

Baca Juga: Toiletsounds Berkhidmat untuk Steven Coconuttreez, Hadirkan Single 'Gak Jelas'

Kebanyakan UMKM yang bergabung adalah dari makanan dan minuman termasuk beras organik dan produk-produk lainnya. Sementara yang dari otomotif, elektronik, peralatan dapur, peralatan olahraga dan stasionery belum ada yang bergabung.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X