Marak Pinjol Ilegal, Kominfo Putus Akses dan Akan Tindak Tegas

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 14:38 WIB
Menkominfo, Johnny G.Plate (suaramerdeka.com / dok)
Menkominfo, Johnny G.Plate (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan, pemerintah terus berupaya melindungi masyarakat agar terhindar dari kegiatan pinjaman online ilegal.

Menurutnya, langkah komprehensif yang diambil yaitu pemutusan akses atas peer-to-peer lending fintech ilegal dan edukasi literasi digital.

“Disamping itu, kami juga melakukan upaya-upaya literasi digital,” jelasnya saat memberikan Keynote Speaker dalam Webinar Beritasatu “Mewaspadai Jeratan Pinjaman Online Ilegal” dari Jakarta, Kamis, 19 Agustus 2021.

Ditegaskan Menteri Johnny, Kementerian Kominfo juga melakukan pemutusan akses terhadap penyelenggara jasa pinjam online yang melanggar peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Kemenkes Klaim Tarif PCR RI Termurah, Luar Jawa-Bali Lebih Mahal dari Vietnam dan Malaysia

“Apa saja yang melanggar kami akan tindak tegas sejauh itu mengganggu ruang digital yang sehat,” tandasnya.

Menkominfo menyatakan, proses pemutusan akses itu tentunya dilakukan dengan koordinasi dan kolaborasi dengan lembaga terkait lainnya, termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Terhitung sejak tahun 2018 sampai 17 Agustus 2021 dua hari yang lalu, telah dilakukan pemutusan akses 3.856 platform fintech tanpa izin, termasuk penyelenggara peer-to-peer lending fintech tanpa izin sesuai hasil koordinasi bersama OJK,” ujarnya.

Selain itu, Menteri Johnny menyatakan Kementerian Kominfo juga membekali masyarakat dengan beragam kemampuan untuk mencerna informasi yang benar dan tepat selama menggunakan internet.

Baca Juga: Kasus Kekerasan Masih Marak Terjadi, Fakultas Hukum Unnes Perjuangkan Hak Alimentasi Lansia

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Kominfo

Tags

Terkini

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB

4 Smartphone Realme Diperkenalkan di Yogyakarta

Rabu, 10 November 2021 | 17:43 WIB
X