Huawei Siapkan Rancangan Chipset, Optimistis Geser Kembali Posisi Apple dan Samsung

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 15:21 WIB
Ilustrasi pengisian daya Huawei./Foto: Huawei Central
Ilustrasi pengisian daya Huawei./Foto: Huawei Central

SEMARANG, suaramerdeka.com - Ponsel pintar Huawei terlempar dari posisi lima besar pangsa pasar ponsel global pada kuartal I 2021. Huawei merosot ke bawah lima besar, tergeser oleh Apple, Xiaomi dan Samsung, setelah mengalami penurunan penjualan.

Namun, Rotating Chairman Huawei Guo Ping menyampaikan, perusahaan tidak akan menyerah untuk kembali menggeser Apple, Xiaomi, dan bahkan Samsung.

“Huawei akan terus eksis di bisnis ponsel dan dengan kemajuan berkelanjutan dalam produksi cip (chipset), takhta smartphone pada akhirnya akan kembali,” kata Guo dalam transkrip tanya jawab dengan pegawai, dikutip dari Reuters, Rabu (18/8).

Canalys mencatat, Huawei sempat menempati pangsa pasar terbesar kedua mengalahkan Apple pada kuartal III 2020. Ini karena berhasil mengirim 51,7 juta ponsel, dengan 14,9% pangsa pasar.

Baca Juga: LMP Dilarang Bentangkan Bendera Merah Putih di PIK, Aparat: Masih PPKM, Timbulkan Kerumunan

Namun Huawei terlempar dari posisi lima besar pangsa pasar ponsel global pada kuartal I 2021. Perusahaan hanya mengirimkan 18,6 juta unit pada kuartal pertama tahun ini.

Lembaga riset TrendForce pada Januari memperkirakan pangsa pasar Huawei bakal turun ke posisi ketujuh pada tahun ini karena sanksi AS. Ini artinya raksasa teknologi Tiongkok itu diprediksi kalah dari Samsung, Apple, Xiaomi, OPPO, Vivo, dan Realme.

Guo Ping lagi-lagi optimistis sanksi AS itu justru mendorong Huawei meningkatkan kemampuan merancang cip. Ia memastikan bahwa Huawei akan kembali mendorong penjualan ponsel meski ditekan AS.

Perusahaan asal Tiongkok itu berfokus bertahan di tengah tekanan AS. Salah satu caranya, memusatkan perhatian pada perangkat lunak (software), termasuk memperkuat bisnis komputasi awan (cloud).

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X