Merdeka Ekspor, Presiden Jokowi Lepas Ekspor Produk Pertanian dari 17 Pintu Pengeluaran

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 23:24 WIB
(Sumber: KBRI Beijing)
(Sumber: KBRI Beijing)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pelepasan ekspor produk pertanian dari 17 pintu pengeluaran ekspor Indonesia pada tanggal 14 Agustus 2021, bertajuk “Merdeka Ekspor” dilakukan secara simbolis oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo dari Istana Bogor dan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dari terminal peti kemas Tanjung Perak, Surabaya.

Total nilai ekspor produk pertanian Indonesia dengan tujuan ke 61 negara termasuk RRT tersebut sebesar Rp.7,29 triliun.

Dalam sambutannya, Presiden RI menyampaikan bahwa pertanian adalah satu satu sektor yang dapat bertahan di tengah situasi pandemi.

Baca Juga: Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Menangi Kompetisi Ide Terbaik Bangkit 2021

Presiden RI juga menekankan agar produk pertanian Indonesia dapat terus didorong ke pasar-pasar non-tradisional.

Menteri Pertanian RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa investasi dan ekspor merupakan kunci bagi tercapainya percepatan pemulihan perekonomian nasional.

Dubes RI untuk RRT hadir bersama dengan jajaran KBRI Beijing, KJRI Shanghai, ITPC Shanghai dan perwakilan importir Tiongkok yakni Chairman China Agriculture Wholesale Market Association (CAWA), Mr. Zengjun Ma serta CEO Yan Ty Ty Group, Ms. Lili.

Baca Juga: Lifter Eko Yuli Masih Ingin Persembahkan Medali Emas Bagi Bangsa

Dalam sesi dialog bersama Menteri Pertanian, Dubes RI menyampaikan bahwa berdasarkan data Kepabeanan Tiongkok, performa ekspor Indonesia ke RRT khususnya sektor pertanian untuk tahun 2020 dan Semester pertama 2021 mengalami peningkatan yang signifikan.

Tahun 2020 nilai ekspor produk pertanian Indonesia ke Tiongkok mencapai USD 828,12 juta atau sekitar Rp. 11,9 triliun, tumbuh sebesar 86.95% dibandingkan total nilai ekspor tahun 2019.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB

4 Smartphone Realme Diperkenalkan di Yogyakarta

Rabu, 10 November 2021 | 17:43 WIB
X