Kemenparekraf Sedang Siapkan Skema Pengembangan Industri Kreatif di Masa Pandemi, Syaifullah Agam: Akan Dikelu

- Senin, 16 Agustus 2021 | 13:46 WIB
Industri kreatif (foto ilustrasi, pikiran-rakyat.com)
Industri kreatif (foto ilustrasi, pikiran-rakyat.com)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kemenparekraf Syaifullah Agam mengatakan, kementeriannya sedang melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

Meski demikian ada beberapa skema yang akan dilakukan untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Syaifullah mengatakan Kemenparekraf telah menyiapkan beberapa program terkait dengan pengembangan untuk industri ekonomi kreatif.

Baca Juga: Konsisten Perbaikan Kinerja, Fundamental Bisnis Diperkuat

Namun skema tersebut tidak akan dirilis sekaligus.

"Ada skema PEN (pemulihan ekonomi kreatif) yang akan disiapkan untuk mendorong ekonomi kreatif, nanti akan dikeluarkan satu-satu, insya Allah skema PEN-nya ada macam-macam, ada yang bentuknya BBI, yang untuk film," ujar Syaifullah dilansir dari Antara, Senin, 16 Agustus 2021.

Bulan lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonimi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan tengah mempersiapkan program PEN untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan total pagu anggaran sebesar Rp 2,4 triliun.

Baca Juga: PGN dan Badak LNG Kerja Sama Kembangkan Bisnis dan Pemanfaatan Terminal LNG

Anggaran ini akan disalurkan melalui enam program yakni Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Bangga Buatan Indonesia (BBI), Sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, environmental, sustainability) bagi usaha pariwisata, PEN film, dukungan akomodasi hotel untuk tenaga kesehatan dan bantuan pemerintah untuk usaha pariwisata.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 2 Cara Cek Tarif JNE Tanpa Ribet!

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:42 WIB
X