Kembangkan Produk Pertanian, Presiden Minta Kepala Daerah Promosi Produk Berbasis Digital

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 20:21 WIB
Presiden Jokowi (Nugroho Wahyu Utomo)
Presiden Jokowi (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para kepala daerah meningkatkan penguasaan teknologi.

Hal itu penting dilakukan untuk untuk menggali potensi ekspor komoditas pertanian yang ada di daerahnya masing-masing.

"Ini penting sekali, serta melakukan mekanisasi pengembangan produk dan juga promosi produk berbasis digital," ujar ujar Presiden saat melepas Merdeka Ekspor Pertanian Tahun 2021, Sabtu (14/08/2021), secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Ini juga harus kita kembangkan agar produk-produk pertanian kita semakin dikenal luas dan semakin kompetitif,” tambahnya.

Baca Juga: PKB Demak Fasilitasi Vaksin 1.000 Warga, Merata di 14 Kecamatan

Presiden juga meminta agar para petani diperkuat dengan diberikan akses terhadap permodalan, inovasi teknologi, hingga pendampingan.

“Saya sudah banyak berbicara dengan dirut-dirut perbankan agar pertanian mendapatkan perhatian khusus, karena ini ada kesempatan. Seperti tadi disampaikan oleh Menteri Pertanian mengenai porang, ada pasar yang besar yang bisa kita masuki,” ujarnya.

Namun, Kepala Negara juga mengingatkan agar dilakukan hilirisasi, bukan mengekspor produk dalam bentuk mentah.

“Ekspornya jangan mentahan, apalagi masih dalam bentuk umbi-umbian. Paling tidak sudah dalam bentuk tercacah atau syukur bisa barang jadi atau beras porang yang sudah jadi. Saya kira target kita memang hilirisasi,” ujarnya.

Baca Juga: Gugus Tugas Perlu, Genjot Pembangunan Infrastruktur Kawasan Utara dan Selatan Jabar

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Setkab RI/Kepresidenan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X