BUMDes Didorong Berbadan Hukum, Permudah Akses Modal

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:14 WIB
Dialog pengurus BUMDes secara virtual, Jumat 13 Agustus 2021 (suaramerdeka.com/dok)
Dialog pengurus BUMDes secara virtual, Jumat 13 Agustus 2021 (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Arto Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang untuk berbadan hukum.

Ketua tim pengabdian, Nurdian Susilowati menyatakan, pendaftaran suatu BUMDes sebagaimana ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Sesuai UU Cipta Kerja bahwasanya BUMDes harus memiliki badan hukum. Sudah saatnya BUMDes berbenah dalam penguatan kelembagaan, sehingga dapat eksis dan mempermudah akses modal dari pihak eksternal," kata Nurdian saat dialog dengan pengurus BUMDes tersebut secara virtual, Jumat (13/8).

Baca Juga: dr. Richard Lee Banjir Dukungan di Change.org, Hari Ini Petisi Capai 250.000 Tanda Tangan

Selain Nurdian, tim pengabdian ini terdiri dari Indah Anisykurlillah, Mukhammad Asrodin, Eka Rahmawati, Puji Novita Sari, Eva Ria Savitri, dan Delya Saski Ananda.

Mereka bersama pengurus BUMDes melakukan identifikasi kebutuhan persyaratan pengusulan badan hukum sesuai dengan alur yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 03 Tahun 2021.

Seperti diketahui, saat ini modal BUMDes mengandalkan Dana Desa dari APBDesa, sehingga kurang mampu bersaing dalam pengelolaan usaha. Hal ini tak lepas dari jumlah penyertaan modal yang relatif sedikit.

"Adanya penguatan BUMDes melalui Peraturan Pemerintah (PP) No 11 Tahun 2021 tentang Kegiatan Usaha dan Unit Usaha BUMDes sebagai badan hukum merupakan agin segar dari Kemendesa PDTT," ungkapnya.

Baca Juga: Ingin Populerkan Sapaan 'Bung', Megawati: Bung Jokowi, Lucu Enggak?

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPR Danamon Raih Properti Indonesia Award 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:12 WIB
X