Medsos Dorong Pertumbuhan Bisnis Kecantikan

- Senin, 14 Januari 2019 | 10:13 WIB
PERAWATAN WAJAH: Seorang terapis saat melakukan perawatan wajah di Elty Clinic Semarang. (Foto suaramerdeka.com/Royce Wijaya)
PERAWATAN WAJAH: Seorang terapis saat melakukan perawatan wajah di Elty Clinic Semarang. (Foto suaramerdeka.com/Royce Wijaya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Bisnis kecantikan semakin prospektif di tengah maraknya perkembangan media sosial atau medsos seperti Instagram, Facebook maupun Twitter. Klinik atau salon kecantikan bermunculan, begitu juga jasa-jasa make up perorangan yang kian bertebaran. Tren swafoto atau foto narsis menuntut wanita harus tampil cantik untuk mendapatkan perhatian followers Instagramnya. Untuk mendapatkan penampilan menarik, tak jarang mereka harus melakukan perawatan wajah atau tubuh ke klinik kecantikan. 

"Kebutuhan masyarakat akan kecantikan semakin meningkat. Ini yang mendorong bisnis kecantikan terus tumbuh, bisa dilihat dengan banyaknya kemunculan salon maupun klinik kecantikan," kata Manajer Cabang Elty Clinic Semarang Ririe disela-sela syukuran klinik kecantikan di Jl Teuku Umar, Semarang. Bukan hanya orang tua, namun kaum muda dan remaja pun tertarik datang ke klinik kecantikan. Baik kalangan ekonomi atas atau menengah kebawah, mereka rela mengeluarkan koceknya demi keinginannya tampil cantik. 

Menurut Ririe, banyak perawatan yang dilakukan para wanita, seperti facial, dermabrasion, whitening, thread lift atau tanam benang untuk mengencangkan kulit, slimming, botox, laser, dan suntik filler. Sebagaimana diketahui, Elty Clinic di Semarang ini merupakan cabang ketujuh di Indonesia. Sebelumnya, klinik kecantikan itu juga sudah dibuka di enam kota lainnya, yakni Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kota Wisata Cibubur, Batam, Banjarmasin, dan Makassar. 

Ririe menjelaskan, klinik kecantikan ini memiliki dua dokter dan empat tenaga terapis. Dokter ini akan menganalisa, sebelum melakukan tindakan seperti suntik filler maupun suntik kromosom. Di Elty, konsultasi dokter ini gratis. "Perawatan facial wajah digemari mahasiswa karena harganya terjangkau. Sebenarnya bukan hanya wanita, facial wajah juga banyak dilakukan pria," ungkapnya. Ketika wajahnya lebih cantik seiring perawatan, maka wanita ini tampak percaya diri saat memosting foto ke medsos.
 
Sementara itu, pemilik Alola Nail Bar and Beauty, Yolanda mengakui bisnis kecantikan cukup prospektif di tengah maraknya penggunaan medsos. Selain wajah, bagian alis, bulu mata, rambut, dan kuku juga jadi bagian penting yang jadi pusat perhatian wanita. Perawatan kuku juga cukup digemari wanita, mereka tak jarang memposting kukunya yang dihias untuk diunggah dalam medsos

"Cukup populer, kuku dihias dan diberi warna. Motifnya beragam sesuai permintaan konsumen," katanya di Alola yang berlokasi di Jl Kawi Raya, Semarang. 

Editor: Maya

Tags

Terkini

X