PLN Jaga Pasokan dan Keandalan Listrik Blok Rokan Demi Ketahanan Energi NKRI

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 09:36 WIB
Blok Rokan. (BUMN.go.id)
Blok Rokan. (BUMN.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com – PT PLN (Persero) mendukung keberlanjutan Blok Rokan sebagai blok migas yang penyumbang 25 persen dari total produksi minyak nasional.

Sebagai bukti nyata, PLN memastikan keandalan pasokan listrik untuk Wilayah Kerja (WK) Rokan sebagai upaya demi menjaga ketahanan energi di Tanah Air.

Mulai 9 Agustus 2021 Pukul 00.00 WIB, PLN resmi mulai mengalirkan listrik dan uap ke WK Rokan, sejalan dengan alih kelola Blok Rokan dari perusahaan migas asal Amerika Serikat, PT Chevron Pacific Indonesia ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Ini menjadi tonggak sejarah penting bagi Indonesia. Sebab sejak 1951 dikelola Chevron, akhirnya blok migas terbesar di Indonesia tersebut kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Baca Juga: Usai Menurun, Harga Emas Rebound dan Naik pada Akhir Perdagangan

"Bagi PLN, ini merupakan pembuktian bahwa kita mampu mengelola pembangkit untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah kerja migas skala besar, seperti Blok Rokan." kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, dilansir dari BUMN.go.id

Sebagai jaminan pasokan listrik dan uap dalam operasional WK Rokan, PLN dan PHR telah menyepakati dan menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dan Uap (PJBTLU) pada 1 Februari 2021 lalu.

Dalam melayani kebutuhan listrik dan uap WK Rokan, PLN merencanakan 2 tahap yaitu masa transisi dan masa permanen.

Pada masa transisi, PLN memanfaatkan pembangkit listrik eksisting yang akan berlangsung selama 3 tahun.

Baca Juga: Aksi Jual Besar-besaran Membuat Harga Minyak Naik

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB
X