ICSB Percepat UMKM Naik Kelas

- Kamis, 15 November 2018 | 20:10 WIB
foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - International Council for Small Business (ICSB) mendorong Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melompat tinggi. Segmen pasar di sektor UKM yang terus naik diharapkan memberikan efek positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Presiden Asian Council for Small Business, Hermawan Kartajaya mengatakan, kemampuan daya beli masyarakat sangat bagus karena sebagian besar transaksi terjadi di kalangan bawah. ‘’Pasar UKM terbuka lebar. ICSB akan menumbuhkan semangat kewirausahaan dan internasionalisasi UKM. Dengan begitu, peran UKM terus naik di level regional, bahkan internasional,’’ kata pakar marketing yang juga Presiden ICSB Indonesia 2016-2018 itu dalam Munas ICSB di Universitas Padjajaran, Bandung, belum lama ini.

Ia menambahkan lembaga tersebut didukung dan digerakkan oleh empat pilar, yakni academicians (akademisi), researcher (peneliti), business practitioners (pebisnis), dan policy maker (pembuat kebijakan). ‘’Dengan dukungan empat pilar itu, UKM akan memiliki produk yang bagus, layanan baik, dan mentalitas prima sehingga mereka terus berkembang,’’ katanya.

Dalam Munas, sejumlah koordinator wilayah disahkan, termasuk Jateng. ICSB Korwil Jateng dipimpin Dr Hasan Abdul Rozak yang juga Waketum Bidang Pengembangan Koperasi dan UKM Kadin Jateng, Wakil Koordinator Roy Wibisono, dan Sekretaris, Sudarto.

Sinergi Empat Pilar

Hasan mengatakan, pembentukan Korwil Jateng akan bersinergi dengan empat pilar. Kemudian ditindaklanjuti sosialisasi dan pembentukan ICSB kabupaten/kota. Menurut dia, pembentukan lembaga tersebut akan menumbuhkemnbangkan UKM di Jateng dengan bersinergi dan selaras dengan pengembangan kepariwisataan. Ia berharap ada dukungan dari instansi pemerintah di sektor pariwisata, industri, dan perdagangan.

‘’Tak kalah penting lembaga ini berjalan beriringan dengan Kadin baik di tingkatan provinsi mau pun kabupaten/kota, khususnya yang membidangi koperasi dan UKM,’’ tuturnya.

Dia optimistis memasuki era Revolusi Industri 4.0 UKM di Jateng mamupu terus bertumbuh dengan mengembangkan kreativitas daninovasi guna meningkatkan daya saing pada produk lokal ke pasar global.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X