Tawar-Menawar Pedagang dan Pembeli Jadi Ikon Pasar Klewer

- Minggu, 7 Oktober 2018 | 20:42 WIB
Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) demisioner, M Nasir (kiri) menyerahkan bendera HPPK kepada Ketua HPPK Periode 2018-2022, Tafip Harjono (kanan) saat Pengukuhan Pengurus HPPK Periode 2018-2022 di aula Hotel Dana, Solo, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/M Ilham Baktora)
Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) demisioner, M Nasir (kiri) menyerahkan bendera HPPK kepada Ketua HPPK Periode 2018-2022, Tafip Harjono (kanan) saat Pengukuhan Pengurus HPPK Periode 2018-2022 di aula Hotel Dana, Solo, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/M Ilham Baktora)

SOLO, suaramerdeka.com – Di tengah-tengah gencarnya persaingan ekonomi, Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo, meminta pedagang menjaga eksistensi Pasar Klewer dengan tetap menciptakan suasana jual-beli yang kondusif nyaman dan saling menguntungkan. Saat ini, tawar-menawar antara pedagang dan pembeli menjadi ikon Pasar Klewer

‘’Kepengurusan baru ini harus bisa menjaga pasar sandang terbesar se Jawa Tengah terhadap eksistensinya sebagai pasar tradisional. Artinya, kegiatan tawar menawar antara pedagang dan pembeli harus menjadi ikon,’’ kata Wakil Wali Kota saat pengukuhan Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Periode 2018-2022 di aula Hotel Dana, Solo, baru-baru ini.

Dia menekankan, gencarnya persaingan ekonomi antar pengusaha jangan dijadikan rival atau musuh dalam berdagang. Namun berembuk untuk menciptakan suasana jual beli yang kondusif tanpa harus menjatuhkan pedagang lainnya.

‘’Persaingan tidak bisa dihilangkan, namun membangkitkan marwah pasar tradisional menjadi kewajiban pedagang dan Pemkot. Antar sesama pedagang harus menjaga komunikasi dan memiliki misi yang sama untuk membangun pasar tradisional hingga dikenal masyarakat domestik, maupun mancanegara,’’ kata dia.

Mitra Promosi

Purnomo menjelaskan, pasar yang menjadi tumpuan hidup pedagang usaha mikro kecil menengah (UMKM), pelestarian tersebut harus dijaga. Upaya mempromosikan pasar tersebut tidak hanya pemkot yang terjun, namun masing-masing pedagang harus ikut andil.

‘’Membangun sebuah pasar yang pernah terbakar pada 2014 silam membutuhkan waktu. Kami tidak bisa menghidupkan tanpa adanya aktivitas pedagang sebagai mitra promosi kami. Oleh sebab itu, kami berharap Pasar Klewer dapat menciptakan kenyamanan pengunjung saat berbelanja ke tempat itu,’’ jelasnya.

Pengukuhan tersebut resmi melantik Ketua HPPK Periode 2018-2022, Tafip Harjono menggantikan Ketua HPPK sebelumnya, M Nasir. Pelantikan ditandai dengan penyerahan bendera HPPK dari pengurus lama kepada pengurus baru yang telah dilantik.

Ketua HPPK terpilih, Tafip Harjono mengungkapkan, kepercayaan pedagang yang telah memilih dirinya menjadi ketua HPPK menjadi langkah baru untuk mensejahterakan pedagang di seluruh pasar tersebut. Dengan demikian, pihaknya merencanakan program kerja selama empat tahun ke depan.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X