CSIS: Kebijakan Airlangga Sukses Bawa RI Keluar dari Resesi

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 19:12 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (suaramerdeka.com/dok)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepala Departemen Ekonomi Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri mengatakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dinilai sejumlah pihak berhasil membawa Indonesia keluar dari resesi.

Menurutnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengamankan sisi ekonomi nasional. Hal inilah yang membuat Indonesia kini keluar dari resesi ekonomi.

Penanganan pandemi di Indonesia tak hanya mengutamakan sektor kesehatan, tetapi juga ekonomi, berhasil mencatatkan hasil positif.

Penilaian Yose sejalan dengan strategi yang dibuat Airlangga. Menggunakan pola helicopter view, Ketua Umum Partai Golkar itu tidak sekadar memfokuskan penanganan pandemi dari sisi ekonomi atau kesehatan saja.

Baca Juga: 10 Persen Generasi Milenial Setuju Pancasila Diganti Ideologi Lain, Bamsoet: Ini Bisa jadi 'Bom Waktu'

"Kita melihat situasi ini secara helicopter view, tidak bisa secara parsial. Jika hanya dilihat dari sisi kesehatan, kebijakan terkesan kurang tegas. Jika dilihat dari sisi ekonomi saja, kebijakannya terkesan terlalu membatasi. Ini harus dilakukan secara hati-hati dan dihitung dengan cermat, karena pemerintah harus mempertimbangkan berbagai aspek ini," katanya, Jumat, 6 Agustus 2021.

Selain itu, lanjut Yose beberapa program intensif dari pemerintah memberikan dampak positif ke masyarakat luas sehingga mampu mendorong konsumsi.

"Program pemerintah tentunya berguna untuk menjaga kehidupan masyarakat tidak jatuh terlalu dalam. Agar masyarakat bisa hidup secara subsisten sambil menunggu perbaikan," ungkapnya.

Sementara, peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad juga mengapresiasi peran Airlangga terkait pertumbuhan ekonomi nasional.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X