Dari Food Estate hingga RS Covid, Ini Proyek Infrastruktur yang Tidak Dibatalkan Selama Pandemi

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 06:30 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) saat menjadi pembicara dalam FGD DPP PDI Perjuangan. (suaramerdeka.com / dok)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) saat menjadi pembicara dalam FGD DPP PDI Perjuangan. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memaparkan jasa konstruksi nasional tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam FGD DPP PDI Perjuangan bertajuk 'Antisipasi Dampak Ekonomi Terhadap 8 juta Tenaga Kerja Industri Jasa Konstruksi dan Jasa Pendukung Pada Masa Covid-19'

"Di tengah pandemi ini, kebijakan yang saya lakukan dengan menerbitkan instruksi Edaran Menteri PUPR, karena jasa konstruksi termasuk sektor esensial, tidak boleh berhenti, kecuali dengan Inmen (Instruksi Menteri) itu kalau ada di lapangan pegawai tenaga yang terpapar maka minta ijin untuk berhenti dan harus berhenti. Tapi kalau tidak, terus. Termasuk penyediaan barak-barak yang kita atur sesuai prokes Covid-19," kata Basuki.

Lalu proyek infrastruktur apa saja yang terus berlanjut di tengah pandemi?

Baca Juga: KADIN Indonesia dan HM Sampoerna Gelar Vaksinasi Ribuan Pekerja di Mojokerto

Basuki menuturkan, proyek tersebut antara lain: pembangunan Kawasan Industri Terpadu di Batang Jawa Tengah, Food Estate (Lumbung Pangan) di Kalimantan Tengah, Sumut dan NTT.

Di Kalteng, pihaknya sedang merehabilitasi 34 ribu hektare food estate. Selanjutnya Kementerian Pertanian akan menindaklanjutinya untuk sekaligus olah tanah dan menanam.

Di Sumut, tepatnya di Humbang Hasundutan, pihaknya juga mengembangkan Food Estate untuk hortikultura seperti kentang dan bawang.

"Di NTT, di Bendungan Rotiklot Belu, ini kita kembangkan untuk food estate untuk hortikultura jagung. Baru kita mulai tanam sekarang mudah-mudahan Agustus Bapak Presiden meninjaunya," ujar Basuki.

Baca Juga: Bantuan TKM Diberikan pada PKL dan Pelaku Usaha, Menaker : Mudah-mudahan Meringankan Beban

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hyundai Optimistis Creta Bisa Merajai Segmen SUV

Rabu, 1 Desember 2021 | 19:52 WIB
X