Perbarindo Jateng Apresiasi Perubahan Nama BPR Jadi Bank Perekonomian Rakyat

- Kamis, 8 Desember 2022 | 18:06 WIB
Perbarindo mengapresiasi perubahan nama Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menjadi Bank Perekonomian Rakyat. (suaramerdeka.com/Dok)
Perbarindo mengapresiasi perubahan nama Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menjadi Bank Perekonomian Rakyat. (suaramerdeka.com/Dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Perbarindo Jateng mengapresiasi Panja RUU PPSK DPR RI soal nama BPR.

Melalui Panja RUU PPSK DPR RI ini telah mengusulkan nama BPR yang awalnya Bank Perkreditan Rakyat menjadi Bank Perekonomian Rakyat.

Ketua Perbarindo DPD Jawa Tengah Dadi Sumarsana mengungkapkan, dengan disetujuinya perubahan nama BPR menjadi Bank Perekonomian Rakyat ini secara harfiah BPR akan menjadi betul-betul bank yang menjalankan fungsi intermediasi.

Baca Juga: 8 Penyebab Kanker Serviks pada Wanita yang Tidak Disadari, Nomor 3 Paling Sering, Cek Faktanya

''Ya kita apresiiasi berita gembira ini karena melalui Panja yang juga diperjuangkan oleh Musthofa yang juga salah satu pejuang BPR dan menjadi penyambung lidah dan aspirasi kami,'' kata Dadi, hari ini.

Diungkapkan lebih lanjut, dalam perjalanannya, BPR mampu mendorong perekonomian rakyat melalui fasilitas perkreditan sebagai modal usaha kecil.

''Dengan berbagai seni dan keulatannya hingga hari ini, BPR semakin solid, aman dan semakin menempat di hati masyarakat, tidak sebatas menyalurkan kredit, namun berfungsi juga sebagai Bank yang menjalankan intermediasi, yaitu menerima simpanan dan memberikan pinjaman,'' paparnya.

Baca Juga: Makjleb, Cukup Satu Sendok Bumbu Dapur Ini Dijamin Tanaman Bougenville Rimbun Sekebun dan Rajin Berbunga

Dadi menjelaskan, Paket Oktober (Pakto) 88, adalah fase pertumbuhan BPR, dimana pada waktu itu pemilik usaha mikro di pedesaan yang sebenarnya membutuhkan bantuan Bank.

Namun faktanya mereka takut untuk ke Bank oleh karena itu Pakto 88 mencetuskan berdirinya Bank Perkreditan Rakyat. 

Halaman:

Editor: Modesta Fiska

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkop Nyatakan Koperasi Tekad UPGRIS Kategori Sehat!

Jumat, 3 Februari 2023 | 16:19 WIB
X