Pipa Distribusi dari Ruas Mangkang ke KIK Mulai Dibangun, Perluas Pengembangan Gas Bumi Semarang-Kendal

- Rabu, 7 Desember 2022 | 04:45 WIB
PT PGN Tbk, mulai membangun pipa distribusi gas bumi dari Mangkang menuju Kawasan Industri Kendal. (suaramerdeka.com / dok)
PT PGN Tbk, mulai membangun pipa distribusi gas bumi dari Mangkang menuju Kawasan Industri Kendal. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, mulai membangun pipa distribusi gas bumi dari Mangkang menuju Kawasan Industri Kendal (KIK).

Ini dilakukan PGN dengan melaksanakan kegiatan first welding atau pengelasan pertama pipa distribusi menuju KI Kendal pada Selasa, 6 Desember 2022.

Pembangunan pipa PGN ini juga melanjutkan pemanfaatan Pipa Transmisi Cirebon – Semarang (Pipa Cisem).

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Babat Swiss 6-1, Portugal Tantang Maroko di Perempat Final

Selain itu merupakan wujud nyata PGN dalam mengembangkan pemanfaatan gas bumi di daerah Semarang, Kendal, Batang, dan sekitarnya

Pipa distribusi dari Pipa Cisem sepanjang 8 km ini, berdiameter 8 Inch dengan kapasitas pengangkutan gas sebesar 13 MMSCFD.

Sama halnya dengan penyaluran gas bumi ke KIT Batang, gas bumi untuk KI Kendal bersumber dari PEPC Jambaran Tiung Biru (PEPC JTB).

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Maroko ke Perempat Final Usai Menang Adu Penalti Atas Spanyol

Di tahap awal, gas bumi di KI Kendal berpotensi akan diserap tujuh pelanggan industri dengan kebutuhan kurang lebih 3,4 - 4 BBTUD.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo, mengungkapkan KI Kendal masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) dan PSN diharapkan selesai pada semester 1 2024.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT RFB Catatkan Predikat Terbaik

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:56 WIB

Hilirisasi Baja Meningkat, Industri Logam Tumbuh Pesat

Kamis, 22 Desember 2022 | 12:12 WIB
X