Bank Raya (AGRO) Akan Right Issue 2,32 Miliar Saham, BRI Berencana Eksekusi Seluruh Porsinya

- Jumat, 2 Desember 2022 | 20:15 WIB
(suaramerdeka.com/dok)
(suaramerdeka.com/dok)

suaramerdeka.com - PT Bank Raya Indonesia Tbk telah mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 30 November 2022 untuk melakukan aksi korporasi yaitu Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu ke 10 (PMHMETD X).

Dalam PMHMETD X ini, AGRO menawarkan sebanyak-banyaknya 2.320.000.000 (dua miliar tiga ratus dua puluh juta) lembar saham biasa dengan nilai nominal Rp 100 setiap saham atau sebesar 9,26 persen dari jumlah saham Ditempatkan dan Disetor penuh dalam Perseroan setelah pelaksanaan PMHMETD X, yang ditawarkan dengan Harga Pelaksanaan Rp 500,- (lima ratus Rupiah).

Adapun tanggal akhir perdagangan Cum Date adalah tanggal 8 Desember, dan periode perdagangan adalah tanggal 14-20 Desember 2022. HMETD akan didistribusikan kepada para Pemegang Saham Perseroan yang tercatat pada tanggal 13 Desember 2022 dimana 11.373.452.991 (sebelas miliar tiga ratus tujuh puluh tiga juta empat ratus lima puluh dua ribu sembilan ratus sembilan puluh satu) saham lama Perseroan akan memperoleh 1.160.000.000 (satu miliar seratus enam puluh juta) HMETD.

Baca Juga: BRI Bantu Mobil Ambulance ke Polres Salatiga

Setiap 1 (satu) HMETD dapat digunakan untuk membeli 1 (satu) saham dengan membayar harga pelaksanaan sebesar Rp500,- (lima ratus Rupiah) per saham. Dengan asumsi seluruh HMETD dilaksanakan untuk membeli saham, maka Perseroan akan memperoleh dana sebesar Rp1.160.000.000.000 (satu triliun seratus enam puluh miliar Rupiah).

Pemegang saham utama Perseroan yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan melaksanakan seluruh haknya dalam PMHMETD X ini.

Jika Saham dalam PMHMETD X ini tidak seluruhnya diambil oleh pemegang saham porsi publik Perseroan lainnya atau pemegang bukti HMETD porsi publik yang berhak, maka sisa Saham Baru akan dialokasikan kepada pemegang saham atau pemegang HMETD lainnya yang telah melaksanakan haknya dan melakukan pemesanan Saham Baru tambahan sebagaimana tercantum dalam Sertifikat Bukti HMETD secara proporsional.

Baca Juga: Andai Lanjut pada 2 Desember 2022, BRI Liga 1 Masih Bisa Pakai Format Kandang-Tandang

Saham yang akan diterbitkan dalam rangka pelaksanaan PMHMETD X ini merupakan saham baru yang akan dikeluarkan dari portepel serta akan dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku. Saham-saham tersebut memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal (termasuk hak atas dividen) dengan saham lain Perseroan yang telah disetor penuh.

Penambahan modal ini akan digunakan untuk penguatan permodalan yang selanjutnya dapat digunakan sebagai ekspansi modal kerja dalam menyalurkan pinjaman maupun memperkuat pendanaan kepada segmen market yang baru, terutama segmen Gig Economy.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X