Perhimpunan Hotel dan Restoran Optimis Hadapi Tantangan Resesi Global 

- Minggu, 27 November 2022 | 22:25 WIB
Ketua BPC PHRI Banyumas Irianto saat memukul gong tanda dimulainya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV 2022 di Purwokerto. (SM/Fista Novianti )
Ketua BPC PHRI Banyumas Irianto saat memukul gong tanda dimulainya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV 2022 di Purwokerto. (SM/Fista Novianti )


PURWOKERTO,suaramerdeka.com -Para pengusaha hotel dan restoran yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah optimis menghadapi tantangan resesi global di tahun 2023 mendatang. 

Ketua BPD PHRI Jateng Heru Isnawan menuturkan, industri pariwisata mengalami penurunan saat pandemi virus Covid-19 lalu.

Tidak bisa dipungkiri pandemi lalu membuat industri pariwisata termasuk hotel dan restoran benar-benar terpuruk. Kondisi tidak menguntungkan secara ekonomi.

Baca Juga: Siap Hadapi Resesi, Ini 8 Budidaya Tanaman yang Bisa Bikin Jadi Jutawan, Salah Satunya Paprika

Mau tidak mau bisnis perhotelan saat itu sepi karena masyarakat takut bepergian keluar rumah.

Namun, sekarang kondisi industri restoran dan perhotelan mulai membaik seiring semakin masifnya vaksinasi yang digalakkan oleh pemerintah.

Hotel dan restoran yang semula sepi, berangsur mulai ramai pengunjung.

Masyarakat mulai berani bepergian ke hotel dan restoran setelah dua tahun pandemi.

Baca Juga: Tanam Terompet Malaikat, Bikin Suami Tetangga Nekat Mendekat Tiap Malam Jumat

Tingkat hunian kamar (okupansi) di beberapa hotel mulai meningkat, namun belum sebanyak sebelum pandemi yaitu sekitar 70% dari sebelumnya rata-rata 80%. 

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X