Perawatan Kapal, Komitmen Nippon Paint Dukung Nelayan Tradisional Indonesia

- Jumat, 25 November 2022 | 17:21 WIB
Perawatan dan pengecatan kapal nelayan. (suaramerdeka.com / dok)
Perawatan dan pengecatan kapal nelayan. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia cukup identik dengan nelayan tradisional yang kental akan nilai-nilai adat yang mencerminkan suatu identitas dan pola aktivitas melaut yang unik dan berbeda.

Diketahui, nelayan tradisional memiliki peranan penting dalam lingkup perekonomian di wilayah pesisir Indonesia, maka penting juga bagi kita untuk bersama mewujudkan maritim yang kuat dengan menjaga eksistensi dan memberdayakan nelayan tradisional.

Berbicara mengenai Nelayan, tentu tidak luput dari transportasi yang digunakan, yaitu kapal.

Baca Juga: Chris Hemsworth Akui Berisiko Kena Alzheimer, Ikhlas Kehilangan Ingatan Terbaik Selama Hidup

“Kapal merupakan jantung bagi nelayan untuk menangkap ikan di laut sehari-harinya sehingga nelayan juga harus memperhatikan kondisi kapal agar laik laut dan layak melakukan pelayaran,” ujar Nursalim, Sekretaris Forum Nelayan Desa Bandengan, Kecamatan Mundu.

Area Sales Manager Nippon Paint Indonesia, Exwin Subianto mengungkapkan bahwa untuk kebutuhan perawatan kapal, Nippon Paint selalu menghadirkan cat khusus untuk perawatan kapal kayu maupun besi.

Rajan, Ketua Kampung Nelayan Desa Jambean Pekalongan mengatakan perawatan kapal yang maksimal bisa mencegah menempelnya tumpukan hama teritip dan menjaga bobot kapal sehingga tidak boros dalam penggunaan bahan bakar.

Baca Juga: Lesti Kejora dan Rizky Billar Bantah Isu Bangkrut dengan Donasi Gempa Cianjur 500 Juta

Hal ini tentunya dapat membuat biaya operasional kapal menjadi lebih hemat dan performansi kapal tetap prima.

Untuk mendukung aktivitas melaut para Nelayan tradisional, Nippon Paint melalui program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives di sepanjang tahun 2022 turut berupaya membantu operasional nelayan tradisional dengan mendonasikan cat sebanyak 3105 liter Nippon Bee Brand 1000 dan Cooper Paint Anti-Fouling untuk 552 kapal.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Produk Lokal Jadi Tantangan DaVinci Gourmet

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:56 WIB
X