Pilar Utama Penopang Pertumbuhan Industri, SDM Motor Ekonomi Nasional

- Kamis, 24 November 2022 | 09:24 WIB
BPSDMI Kementerian Perindustrian menggelar diskusi 'Peran Kadin Indonesia - Kadinda dalam Pendidikan dan Pelatihan Vokasi'. (suaramerdeka.com / dok)
BPSDMI Kementerian Perindustrian menggelar diskusi 'Peran Kadin Indonesia - Kadinda dalam Pendidikan dan Pelatihan Vokasi'. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMI) Kementerian Perindustrian menggelar diskusi “Peran Kadin Indonesia - Kadinda dalam Pendidikan dan Pelatihan Vokasi”.

Kegiatan diskusi BPSDMI ini merupakan rangkaian dari Industrial Vocation Week 2022 yang digelar di Jakarta pada 21 - 25 November 2022.
 
Dalam sambutannya, Kepala BPSDMI, Arus Gunawan mengatakan, kualitas SDM adalah elemen terpenting dalam pembangunan suatu negara.

Baca Juga: Keluarga Selamat dari Gempa Cianjur, Dinar Candy Ajak Liburan dengan Sewa Pesawat Pribadi

SDM yang kompeten merupakan pilar utama dalam menopang pertumbuhan industri yang merupakan motor bagi pertumbuhan ekonomi nasional.
 
“Pada Triwulan 3 tahun 2022, industri pengolahan merupakan penyumbang terbesar PDB bila dibandingkan dengan sektor lainnya yaitu 17,88 persen," tutur Arus Gunawan, Rabu 23 November 2022.

Industri pengolahan juga mampu memberikan kontribusi signifikan melalui setoran pajak terbesar bila dibandinkan dengan sektor lainnya.

Baca Juga: Sesar Mandiri Bukan Penyebab Gempa Cianjur, Ini Kata Ahli Geologi Unpad

Yaitu sebesar 29,8 persen serta membuka peluang dan lapangan pekerjaan, sebanyak 19,17 juta orang bekerja.

"Hal ini yang berarti sektor industri berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.
 
Arus menambahkan, guna mendukung ketersediaan SDM Industri yang kopeten pada sektor Industri manufaktur, BPSDMI mendorong Kadin Indonesia menjadi bagian penting dalam membangun Pendidikan vokasi.

Baca Juga: Ronaldo Dapat Skorsing 2 Laga dan Denda Atas Aksi Banting Telepon Genggam Suporter

“Kunci keberhasilan penyelenggaraan pendidikan vokasi adalah kerja sama dengan industri dalam mencetak lulusan yang langsung dapat bekerja di industri.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pupuk Indonesia Go Global Lewat Ekspansi di Dubai

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:01 WIB
X