Mobilitas Masyarakat Menurun, Travel Gelap Tetap Marak

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 15:34 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi (suaramerdeka.com/dok)
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi (suaramerdeka.com/dok)

 BANDUNG, suaramerdeka.com - Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyatakan bahwa mobilitas masyarakat selama PPKM level memang menunjukan penurunan. Hanya saja, dia menyebut ada celah yang berupaya dimanfaatkan dengan munculnya travel gelap.

"Begitu mobil dan bus banyak yang tidak melakukan kegiatan perjalanan, tidak operasional, ternyata ada ekosistem baru yang ilegal yaitu adalah angkutan travel gelap," tandasnya di Bandung, Rabu (4/8).

Mereka, dengan menggunakan mobil-mobil kecil mengangkut masyarakat untuk melakukan pergerakan ke sejumlah titik. Travel-travel gelap itu, jelasnya, sudah masuk dalam pengamatan pihaknya bersama kepolisian guna dilakukan tindakan.

Baca Juga: Dinkes Sleman Ajukan Permohonan 245 Ribu Dosis Vaksin, Akhir Tahun Harus Sudah Selesai Vaksinasi

Mengutip data Jasa Marga, dia menyebut bahwa mobilitas yang menggunakan jalan raya, terutama kendaraan pribadi turun hingga 35 persen. Hanya saja, dalam penilaian pihaknya, pergerakan masyarakat itu menyusut antara 30-40 persen.

Hal itu merujuk pula pada hasil pantauan lalu lintas bus dan penumpang di 38 terminal hingga penyebrangan mulai Merak-Bakauheuni dan juga Ketapang-Gilimanuk serta Padangbai-Lembar.

Khusus angkutan AKAP dan AKDP, dia menengarai penurunan itu dipengaruhi pula oleh pemenuhan syarat-syarat perjalanan yang harus dipenuhi. Kondisi tersebut mendapat pula sorotan dari pengusaha angkutan.

Baca Juga: Stok Obat Covid-19 Menipis, Siti Nadia: Jalur Khusus Distributor perlu Didorong

Hanya saja, pihaknya berupaya memberikan pemahaman bahwa kebijakan tersebut semata-mata demi kepentingan bersama yakni dalam menekan kasus penyebaran kasus Covid-19. "Dan mereka paham," katanya.

Meski ada penurunan, Budi Setiyadi menegaskan bahwa dalam kebijakan PPKM level itu, angkutan logistik sejauh ini tak terganggu. Hal ini sejalan dengan langkah yang sudah ditetapkan sejak awal.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi, Pertumbuhan Investor Justru Makin Bersemi

Jumat, 17 September 2021 | 15:21 WIB

13 Green Energy Station Hadir di Jawa Tengah DIY

Selasa, 14 September 2021 | 14:26 WIB

HUT ke-52, Bank Bapas 69 Luncurkan Mobil Kas Keliling

Jumat, 10 September 2021 | 16:04 WIB
X