Banpres Produktif untuk UMKM Bangkit, Harapan dan Optimisme Tetap Jadi Kata Kunci

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 12:05 WIB
Fiki Satari Staf Khusus Menteri Koperasi dan UMKM pada Dialog Produktif Semangat Selasa yang berlangsung secara virtual. (suaramerdeka.com / dok)
Fiki Satari Staf Khusus Menteri Koperasi dan UMKM pada Dialog Produktif Semangat Selasa yang berlangsung secara virtual. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, tidak pelak lagi memberikan pukulan pada para pelaku usaha.

Di satu sisi mereka harus memastikan keberlangsungan usahanya, namun di sisi lain juga mengedepankan perlindungan kesehatan.

UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional yang memiliki pangsa 99,99 persen dari total populasi pelaku usaha di Indonesia pun, tentu saja tidak kebal dari dampaknya.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah meluncurkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang ditujukan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi termasuk bagi UMKM.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Bisa Sebabkan Kematian, Profesor Wiku: Itu Tidak Benar

Program ini bertujuan agar pelaku usaha agar dapat terus melanjutkan usahanya dan juga sebagai upaya untuk menekan potensi pengurangan tenaga kerja.

Sebagai stimulus dan dukungan bagi UMKM, pemerintah menggulirkan beragam bantuan dari hulu ke hilir, seperti yang dipaparkan Fiki Satari – Staf Khusus Menteri Koperasi dan UMKM pada Dialog Produktif Semangat Selasa yang berlangsung secara virtual (3/8/2021).

Bantuan tersebut di antaranya adalah Banpres Produktif Usaka Mikro (BPUM) yang mendapat respon antusias dari 12,8 juta pelaku usaha mikro yang menjadi targetnya.

Baca Juga: Polda Jateng Akan Gelar 1.348.000 Vaksin Merdeka Candi Serentak

Selain itu, Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah terserap hingga 54 persen, dengan relaksasi bunga mencapai nol persen bila ada kendala dari penerima bantuan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Ganjar Melapak, UMKM Kembali Tersenyum

Sabtu, 20 November 2021 | 11:24 WIB

32.620 Debitur di Magelang Terima Pinjaman Ultra Mikro

Minggu, 14 November 2021 | 21:30 WIB
X