Cari Perlindungan Terhadap Risiko Kerusuhan? Perhatikan 5 Hal Ini saat Memilih Asuransi Mobil

- Rabu, 23 November 2022 | 10:12 WIB
Ilustrasi asuransi mobil. (Pixabay)
Ilustrasi asuransi mobil. (Pixabay)

SUARAMERDEKA.COM - Pada dasarnya, asuransi mobil adalah produk asuransi yang menjamin perlindungan terhadap risiko kerusakan dan kehilangan kendaraan.

Meski begitu, tergantung dari kebutuhan, beberapa nasabah perlu mengajukan manfaat perlindungan tambahan atau yang biasa disebut dengan rider.

Salah satu contoh perlindungan tambahan yang mungkin harus dipertimbangkan untuk didapatkan adalah risiko menjadi korban kerusuhan atau demo.

Baca Juga: Ini Dia Sederet Prestasi Herve Renard: Juara Piala Afrika 2 kali hingga Kemenangan Bersejarah Atas Argentina

Seperti yang diketahui, jika mobil terjebak di situasi demo atau kerusuhan, risiko saling dorong, perusakan, hingga aksi pelemparan dapat terjadi.

Tanpa perlindungan tambahan dari asuransi mobil, kondisi ini tentu mampu membuat pemilik mobil mengalami kerugian finansial cukup besar untuk menanggung biaya perbaikan.

Akan tetapi, ketika memutuskan untuk mendapatkan manfaat perlindungan tambahan dari risiko kerusuhan atau demo dari asuransi mobil, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Baca Juga: Pinkan Mambo Sebut Dirinya Pembawa Rezeki di Ratu, Maia Estianty: Emang Gue Pikirin...

Nah, agar tak salah pilih layanan perlindungan tersebut, simak 5 tips berikut ini saat mengajukan asuransi mobil.

1. Sesuaikan Jenis Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan

Secara umum, terdapat 2 jenis asuransi mobil yang bisa dipilih oleh nasabah, yaitu asuransi komprehensif dan total loss only alias TLO.

Kedua jenis asuransi tersebut mempunyai cakupan manfaat perlindungan yang berbeda dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan maupun tingkat risiko nasabah.

Walaupun begitu, jika memungkinkan dan mampu dijangkau budget, sangat disarankan untuk memilih jenis asuransi komprehensif atau all risk.

Alasannya perlindungan yang diberikan jenis asuransi tersebut menjangkau segala jenis kerusakan, baik itu kecil ataupun besar, serta kehilangan.

Sementara untuk asuransi jenis TLO, perlindungan hanya diberikan saat mobil mengalami kerusakan dengan biaya perbaikan setara atau lebih dari 75 persen harga mobil.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X