KADIN Kota Semarang Didorong Kenalkan eCatalog ke Pelaku UMKM Untuk Pengadaan Barang dan Jasa

- Jumat, 18 November 2022 | 19:30 WIB
Kepala LKPP Hendrar Prihadi saat membuka diskusi bersama Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Kukrit Suryo Wicaksono dalam Rapim KADIN Kota Semarang di Hotel Aruss, Jumat 18 November 2022. (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)
Kepala LKPP Hendrar Prihadi saat membuka diskusi bersama Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Kukrit Suryo Wicaksono dalam Rapim KADIN Kota Semarang di Hotel Aruss, Jumat 18 November 2022. (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)
 
SEMARANG, suaramerdeka.com- Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Semarang diminta mendorong pemakaian produk dalam negeri untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi daerah.
 
Upaya ini juga termasuk mengajak pelaku UMKM bersama-sama memanfaatkan pengadaan barang dan jasa melalui sistem eCatalog.
 
Sistem eCatalog dalam pengadaan barang dan jasa ini lebih transparan dan diharapkan mampu mendorong pembelanjaan dalam negeri.
 
 
Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi menyampaikan, ini bisa jadi salah satu langkah UMKM menghadapi ancaman resesi ekonomi global karena potensi pasar domestik sangat besar.
 
''Indonesia ada dalam sebuah track yang cukup baik karena konsumsi produk dalam negeri ini perputarannya akan mengungkit ekonomi lokal yang luar biasa. Manfaatkan betul e-catalog ini,'' papar Hendi saat berdiskusi dalam Rapim Kadin Kota Semarang di Hotel Aruss, Jumat 18 November 2022.
 
 
Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Kukrit Suryo Wicaksono saat diskusi dalam Rapim KADIN Kota Semarang di Hotel Aruss, Jumat 18 November 2022. (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Kukrit Suryo Wicaksono pun berharap upaya Kadin di daerah bisa dikebut untuk memetakan UMKM mana yang bisa diajak berlari kencang untuk naik kelas.
 
''Awal Desember nanti Rapimnas KADIN di Jakarta dan kami akan menandatangani kerja sama dengan LKPP terkait penyertaan KTA KADIN untuk pengadaan barang jasa di seluruh Indonesia,'' ujar Kukrit.
 
Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara dan Kepala DPMPTSP Kota Semarang, Widoyono mewakili Plt Wali Kota Hevearita G Rahayu.
 
 
Dengan penandatangan regulasi tersebut, lanjut Kukrit, ini akan meneguhkan posisi Kadin dan akan mampu mendorong sektor UMKM sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi.
 
Kadin Indonesia juga siap bersinergi dengan Kadin di seluruh indoensia termasuk kota Semarang yang dikepung industri unggulan.
 
''Segmen pasar Semarang dan Jateng cukup besar termasuk dukungan infrastruktur jalan tol hingga kawasan industri akan menumbuhkan perekonomian,'' papar Kukrit yang juga Ketua Muslim Trade Center Jawa Tengah tersebut.
 
 
Ketua Kadin Jateng Harry Nuryanto Soediro menambahkan, dengan menarik lebih banyak anggota yang masuk dalam asosiasi ini diharapkan fungsi Kadin bisa lebih bermanfaat bagi pelaku usaha.
 
''Semoga dengan Rapim Kadin Kota ini bisa merumuskan program baru yang lebih spektakuler serta membangkitkan semangat para pelaku usaha,'' imbuhnya.

Editor: Modesta Fiska

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X