UN Global Compact Dorong Transparansi dan Akuntabilitas Lebih Tinggi Pebisnis Indonesia Lewat B20 Summit

- Kamis, 17 November 2022 | 05:19 WIB
Asisten Sekretaris-Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan CEO UN Global Compact, Sanda Ojiambo. (suamerdeka.com/Dok)
Asisten Sekretaris-Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan CEO UN Global Compact, Sanda Ojiambo. (suamerdeka.com/Dok)

BALI, suaramerdeka.com- United Nations Global Compact (UN Global Compact) mendorong pebisnis Indonesia dan pemerintah untuk lebih transparan.

Dorongan UN Global Compact ini diharapkan bisa meningkatkan akuntabilitas dan transparansi serta integritas dalam operasional bisnis.

Hal ini seiring tantangan global mulai dari inflasi dunia, ketimpangan pendapatan, perang dan krisis iklim terus mengikis kemajuan yang sudah terjadi selama dekade terakhir untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Baca Juga: Fitur Rahasia STB Yang Bikin Nyesel Karena Baru Tahu! Ngirit, Satu STB Saja Bisa Dipasang di Dua TV Sekaligus

Asisten Sekretaris-Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan CEO UN Global Compact, Sanda Ojiambo mengajak mengajak para pebisnis mengintegrasikan
sepuluh prinsip UN Global Compact.

Prinsip ini melawan korupsi dan bagi pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang ke-16, yaitu Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang kuat dalam
keseluruhan operasional bisnis mereka.

Baca Juga: Yang Suruh Beli STB Siapa? Cek Yuk, Nggak Harus Beli Buat Nonton Siaran TV Digital

Menurutnya, selama dua tahun berturut-turut, dunia tidak lagi mencapai kemajuan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kepemimpinan pada sektor swasta sangat penting untuk mencapai Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tahun 2030.

"Tantangan global tidak bisa dihadapi sendirian, sektor bisnis dan pemerintahan harus bekerja sama. Para pebisnis harus memastikan operasi bisnis telah dijalankan secara transparan dan akuntabel, sehingga mereka bisa meningkatkan transformasi yang dibutuhkan dunia," kata Ojiambo.

Halaman:

Editor: Modesta Fiska

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X