Pameran Batikraft 2022 Kadin Jateng di Mal Ciputra Semarang Gandeng 52 Pelaku UMKM

- Kamis, 3 November 2022 | 16:05 WIB
Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen membuka pameran Batikraft 2022 yang digelar Kadin Jateng di Mal Ciputra mulai Kamis 3 November 2022. (suaramerdeka.com/Modesta Fiska)
Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen membuka pameran Batikraft 2022 yang digelar Kadin Jateng di Mal Ciputra mulai Kamis 3 November 2022. (suaramerdeka.com/Modesta Fiska)

SEMARANG, suaramerdeka.com- Pemprov Jawa Tengah meminta masyarakat untuk terus menggencarkan konsumsi produk lokal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Jateng.

Langkah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng memberi ruang pameran pada UMKM turut membantu mengembangkan pasar lebih luas lagi.

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen mengungkapkan, event Batikraft 2022 ini cukup menarik karena tidak hanya fashion seperti batik saja yang dipamerkan tetapi juga kerajinan unik atau craft hingga makanan.

Baca Juga: Pantesan Mleyot dan Lonyot, Begini Tips Jitu Anti Gagal Perbanyak Aglonema Nggak Pakai Ribet

''Sekaligus kita mengajak masyarakat mencintai produk lokal dan menggencarkan konsumsinya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Jateng,'' kata Taj Yasin dalam pembukaan Pameran Batikraft di atrium Mal Ciputra Semarang, Kamis 3 November 2022.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Umum Kadin Jateng Harry Nuryanto Soediro, Direktur Pengawasan Jasa Keuangan OJK Regional 3 Jateng DIY Heru Prasetio.

Selain itu juga hadir diantaranya Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah M. Firdaus Muttaqin, Kepala Divisi Ritel dan UMKM Bank Jateng Siti Ulfah serta perwakilan mitra binaan seperti dari Pertamina.

Baca Juga: Begini Kalau Nekat Cobain, Kuliner Jajanan di Klaten Ini Maknyus Bikin Ketagihan Bosque

Sejumlah stan partisipan dalam Batikraft ini tidak hanya berasal dari Semarang atau Jawa Tengah saja tetapi juga menggandeng pelaku usaha dari luar pulau Jawa.

Ketua Panitia Batikraft 2022 Syanaz Winanto menambahkan, pameran ini kedua kalinya setelah pandemi yang diinisiasi Kadin Jateng.

Event Batikraft ini sekaligus menjadi showcasing produk terbaik dan bisa dieksplore menggunakan kekuatan lokal khususnya dari Jawa Tengah.

Baca Juga: Waspada Perdarahan di Luar Menstruasi, Bisa Jadi Gejala Kanker Serviks Mengancam

''Kami tidak hanya eksplore batik saja, tetapi juga ada food diangkat inovasi makanan tradisional menggunakan metode retort,'' ujar Syanaz.

Ketua Kadin Jawa Tengah, Harry Nuryanto Soediro menambahkan, dengan pameran produk unggulan ini diharapkan bersama UMKM mampu bangkit menggerakkan perekonomian di Jateng.

Baca Juga: Makjleb, Cukup Satu Sendok Bumbu Dapur Ini Dijamin Tanaman Bougenville Rimbun Sekebun dan Rajin Berbunga

Pihaknya mengapresiasi pelaku usaha mulai dari Jateng, Jabar, DIY, DKI Jakarta hingga Kalimantan yang turut berpartisipasi dalam pameran ini.

''Kita harus tetap optimistis menghadapi kondisi pascapandemi dan memberikan energi positif bagi para pelaku usaha serta berkontribusi membantu pemulihan ekonomi,'' imbuhnya. 

Editor: Modesta Fiska

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X