OJK Ajak Lurah dan Kepala Desa Jadi Agen Literasi Keuangan di Jawa Tengah

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 16:35 WIB
OJK Regional 3 Jateng dan DIY menginisiasi Program pembentukan Forum Kepala Desa dan Lurah Melek  Keuangan se-Jawa  Tengah. (foto dokumentasi OJK Regional 3 Jateng dan DIY).
OJK Regional 3 Jateng dan DIY menginisiasi Program pembentukan Forum Kepala Desa dan Lurah Melek Keuangan se-Jawa Tengah. (foto dokumentasi OJK Regional 3 Jateng dan DIY).

SEMARANG, suaramerdeka.com - OJK Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kepolisian Daerah Jawa Tengah menginisiasi pembentukan Forum Kepala Desa dan Lurah Melek Keuangan se-Jawa Tengah.

Kepala OJK Regional Jawa Tengah dan DIY, Aman Santosa mengatakan lurah dan kepala desa diedukasi tentang keuangan yang nantinya mereka menyebar luaskan ke masyarakat agar mendapat informasi akses keuangan secara baik. 

"Kantor OJK di Jawa Tengah itu hanya 4, sementara jika mengajak para lurah ini punya kantor 8 ribu. Bersama juga pemerintah Jawa Tengah dan Polda Jawa Tengah yang mempunyai jaringan sangat masif sampai ke pelosok sehingga materi yang dimiliki OJK bisa di sharing kepada seluruh pihak," katanya di Hotel Po Semarang, Kamis, 27 Oktober 2022.

Baca Juga: Xiaomi 13 Bakal Memakai MIUI 14, Berikut Deretan Ponsel Xiaomi, Poco dan Redmi yang Juga Akan Mendapatkanya

Aman berharap, kepala desa dan lurah bisa sebagai garda terdepan dalam menyampaikan informasi mengenai industri jasa keuangan serta waspada investasi ilegal kepada masyarakat.

Aman menjelaskan fokus literasi yang diberikan ke desa-desa adalah bagaimana tidak terjebak investasi ilegal termasuk koperasi.

Lalu diberi paham bahwa industri jasa keuangan juga mempunyai produk-produk keuangan yang menarik dengan bunga rendah dan mudah.

Baca Juga: USM SMN Run 10K Minggu 30 Oktober, Ada Pesta Ekonomi Kreatif di Museum Mandala Bhakti

"Selama ini mereka belum tahu dan masuk ke yang hal yang tidak akal atau ilegal," jelasnya.

Berdasarkan survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2019, tingkat literasi keuangan di Jawa Tengah sebesar 47,38 persen.

Halaman:

Editor: Cun Cahya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkop Nyatakan Koperasi Tekad UPGRIS Kategori Sehat!

Jumat, 3 Februari 2023 | 16:19 WIB
X