Bantu UMKM Tumbuh dan Naik Kelas, Shipper Perkuat Daya Tahan UMKM

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 18:51 WIB
AVP External Affairs Shipper, Even Alex Chandra saat memeriksa barang yang ada di Gudang Shipper Semarang, Kawasan Industri Wijayakusuma, Selasa 25 Oktober 2022. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)
AVP External Affairs Shipper, Even Alex Chandra saat memeriksa barang yang ada di Gudang Shipper Semarang, Kawasan Industri Wijayakusuma, Selasa 25 Oktober 2022. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Perusahaan teknologi yang menyediakan solusi logistik dan gudang digital pintar terintegrasi, Shipper, berkomitmen memperkuat daya tahan UMKM lokal.

Shipper mendorong pemerataan distribusi barang dan ekonomi melalui layanan logistik dan pergudangan pintar di Semarang, Jawa Tengah.

AVP External Affairs Shipper, Even Alex Chandra menyatakan, pihaknya optimis UMKM lokal dapat bertahan bahkan naik kelas dengan inovasi teknologi logistik dan pergudangan digital meskipun dibayangi prediksi melambatnya perekonomian dunia.

Baca Juga: Turut Berdayakan UMKM, USM Hadirkan Pesta Ekonomi Kreatif

Sisi lain, pertumbuhan jumlah UMKM Kota Semarang termasuk salah satu yang tercepat di Indonesia. Berdasar data Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang pada Desember 2021 jumlah UMKM yang sudah memiliki izin mencapai 91.000 unit.

"UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak ketika ada krisis. Shipper, dengan semangat Teman Kamu Berjuang, ingin membantu mereka lebih kuat di tengah melambatnya perekonomian global," kata Alex, Selasa 25 Oktober 2022.

Ia mencontohkan, mahalnya biaya sewa gudang berikut dengan operasional warehouse management system (WMS) masih menjadi kendala yang dialami UMKM di daerah.

Baca Juga: Bikin Perda UMKM, DPRD Demak Jawab Kebutuhan Masyarakat

"Karenanya Shipper hadir di berbagai daerah, salah satunya Semarang, dengan menyediakan digitalisasi logistik dan pergudangan pintar yang terjangkau dan sistem WMS terkini," ujarnya.

Pihaknya mengoperasikan tiga gudang di Kota Semarang dengan total luas 5.450 meter persegi. Dua gudang tersebut merupakan shared warehouse dan satu dedicated warehouse.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X