Turut Berdayakan UMKM, USM Hadirkan Pesta Ekonomi Kreatif

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 08:36 WIB
Ilustrasi UMKM (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi UMKM (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Dalam menanggapi situasi perekonomian bangsa, khususnya Kota Semarang, Universitas Semarang (USM) bersama Bank Jateng menghadirkan Pesta Ekonomi Kreatif.

Pesta Ekonomi Kreatif ini mengusung konsep turut memperdayakan UKM, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga Kota Semarang, serta sekitarnya.

Rencananya, Pesta Ekonomi Kreatif ini diselenggarakan pada Minggu, 30 Oktober 2022 di Museum Mandala Bhakti Kompleks Tugu Muda, Semarang.

Baca Juga: Kritik Tajam untuk Cristiano Ronaldo: Ego Terlalu Besar, Rugikan Manchester United

Ketua Panitia, Dr. Kukuh Sudarmanto, S.H., M.H mengatakan bahwa kegiatan Pesta Ekonomi Kreatif akan diikuti puluhan UMKM di Kota Semarang.

Kegiatan tersebut juga memfasilitasi sebuah unjuk inovasi dengan menyediakan forum dialog dan stakeholder, serta pemerhati UMKM.

“Kami berharap, kesempatan ini dimanfaatkan masyarakat khususnya pelaku UMKM. Mayarakat selain dapat mengikuti dialog, juga dapat berbelanja aneka produk UMKM. Peran masyarakat sangat mendukung berkembangnya perekonomian rakyat dan kesejahteraan warga,” paparnya.

Baca Juga: Juarai Denmark Open 2022, Herry IP Sebut Pola Main Fajar / Rian Memang Konsisten

Rektor USM, Dr. Supari, S.T., M.T menegaskan bahwa melalui hadirnya usaha ekonomi kreatif yang pada umumnya mampu berdiri sendiri sangat dibutuhkan untuk membantu merespon situasi perekonomian dunia yang mengalami perubahan sangat cepat.

“Saat ini sektor industri ekonomi kreatif telah mengalami perkembangan pesat, walaupun belum terbilang optimal. Beberapa kendala yang dihadapi oleh usaha ekonomi kreatif antara lain, iklim usaha yang belum mendukung tumbuhnya pelaku usaha kreatif baru, keterbatasan apresiasi terhadap karya dan insan kreatif, serta akses pasar yang belum menggembirakan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X