Akselerasi Pasar Ekspor, Mendag Dorong UMKM Jawa Tengah Optimalkan Peluang

- Sabtu, 15 Oktober 2022 | 18:33 WIB
CEO Suara Merdeka Network Kukrit Suryo Wicaksono dan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan. (suaramerdeka.com / Maulana Fahmi)
CEO Suara Merdeka Network Kukrit Suryo Wicaksono dan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan. (suaramerdeka.com / Maulana Fahmi)

SEMARANG, suaramerdeka.com-Kementerian Perdagangan terus mengakselerasi pasar baru untuk peluang ekspor terutama di wilayah Asia Tengah, Afrika hingga Eropa Timur.

Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia–United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE–CEPA) semakin memudahkan akses dagang ini dengan kebijakan nol tarif.

"Dengan UEA ini bisa nol tarif ke Afrika, Asia Selatan, Asia Tengah lalu Eropa Timur, ini jalan tolnya sudah dibuka ibaratnya tinggal bagaimana UMKM bisa menyerbu mengoptimalkannya," kata Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Zulhas) di sela pertemuan dengan CEO Suara Merdeka Network Kukrit Suryo Wicaksono di Menara Suara Merdeka Semarang, Sabtu 15 Oktober 2022.

Baca Juga: FAKTA BARU! Hotman Paris Bongkar Lesti Kejora Berdamai dengan Rizky Billar Sebelum Berangkat Umrah

Hadir dalam kesempatan ini, Sekjen Kemendag Suhanto, Plt Dirjen Perdagangan DN Syailendra, Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kasan, Sekwil PAN Jawa Tengah Sunarmin, Ketua Pengkaderan Yearzy Ferdian, dan Ketua Bappilu Ahsin Maruf.

Sementara itu dari dari Suara Merdeka Network diwakili oleh Pemred Suara Merdeka Gunawan Permadi, Wapemred Triyanto Triwikromo, Pemred suaramerdeka.com Agus Toto Widyatmoko serta GM Marcomm dan Media Sosial Youlanda Muhammad.

Ditambahkan Zulhas, pihaknya juga membawa serta dalam beberapa misi dagang para pelaku usaha, UMKM, asosiasi seperti Kadin untuk bertemu dengan pengusaha di negara tujuan ekspor tersebut.

"Asia Tengah dan Afrika pasar luar biasa, di India dapat kontrak transaksi 3,2 miliar USD sehari. Nanti ke Mesir, Nigeria dan Maroko yang terus kita dorong," imbuh Zulhas.

Baca Juga: Gak Perlu Pestisida, Basmi Rayap dengan Bahan Alami Ini, Rayap Minggat Perabot Tetap Kuat

Digital platform yang dikembangkan mempertemukan produsen dan buyer juga difasilitasi 40 Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Atase Perdagangan di luar negeri.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X