Kompetisi Desain Produk Daerah DKV UKSW Maksimalkan Potensi UMKM

- Senin, 2 Agustus 2021 | 19:52 WIB
Festival Metamorfosis Lokal Estetika yang digelar mahasiswa DKV FTI UKSW dilaksanakan secara daring. (SM/Surya Yuli P)
Festival Metamorfosis Lokal Estetika yang digelar mahasiswa DKV FTI UKSW dilaksanakan secara daring. (SM/Surya Yuli P)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW menggelar Festival Metamorfosis Lokal Estetika (FESTFORATIKA #2), dengan peserta dari berbagai universitas di Tanah Air.

Dalam kegiatan itu peserta menyalurkan kreativitas mereka di masa pandemi, dengan membuat design kemasan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah masing-masing.

Ketua Panitia Festforatika, Amelliandha, yang juga mahasiswa DKV FTI UKSW mengatakan, kegiatan itu bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kreatif dengan memanfaatkan teknologi berpotensi bisnis dalam pengenalan budaya daerah.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 9 Agustus 2021, Jokowi: Penanganan Covid-19 Bertumpu 3 Pilar Utama

Kali ini mengangkat tema Region Culture, yang diambil sebagai bentuk pengenalan kebudayaan daerah masing.

''Kegiatan ini terbagi atas kompetisi yang diikuti 10 tim dan creative sharing yang diikuti 82 peserta. Kegiatan berlangsung sejak 30 Juli hingga 1 Agustus,'' kata Amelliandha.

Dalam kompetisi itu peserta membuat packaging design berupa suvenir tradisional daerah. Lomba ini juga sebagai upaya mengajak mahasiswa terampil di dunia industri kreatif.

Sedangkan dalam kegiatan creative sharing dan tanya jawab terkait proses kreatif packaging dan pentingnya kemasan bagi UMKM.

Baca Juga: Ajukan Pinjaman Daerah Rp 115 M untuk Perbaikan Jalan, Pemkab Dapat Lampu Hijau dari DPRD

Juri kompetisi terdiri atas Zebedeus Rizal Hantoro (Digital Business Consultant, Community & Government Relation Manager of Ralali.com), Aditya Setyawan (Founder and Designer Idelokal), dan Benedicta Alodia Santoso (Illustrator & Visual Artist).

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Dongkrak Penjualan UMKM, Warung Serasi Resmi Dibuka

Selasa, 21 September 2021 | 21:57 WIB
X