ICSB Dukung UMKM Jateng Kembali Bangkit di Masa Pandemi

- Senin, 2 Agustus 2021 | 06:30 WIB
Kepala Dinperindag Jateng Arif Sambodo (kiri atas) saat membuka Business Matching yang digelar ICSB Regional Jawa Tengah secara virtual. (suaramerdeka.com / dok)
Kepala Dinperindag Jateng Arif Sambodo (kiri atas) saat membuka Business Matching yang digelar ICSB Regional Jawa Tengah secara virtual. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Indonesia Council for Small Business (ICSB) Regional Jawa Tengah berupaya mendukung kebangkitan usaha mikro kecil menengah (UMKM) terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Langkah business matching bertema ''Menuju UMKM Kompetitif 2030 : Saatnya Scale Up'' yang digelar virtual diharapkan bisa memperluas jaringan dan jangkauan pemasaran di dalam dan luar negeri.

Business matching dalam rangka memperingati Hari UMKM Tahun 2021 ini digelar dua sesi dimana sesi keduanya akan berlangsung 7 Agustus mendatang.

''Kami harus optimistis karena menyerah bahkan pilihan. Kami bangun sinergitas yang baik dari empat pilar akademisi, peneliti, pelaku usaha dan pemerintah,'' ujar Executive Regional Director-Central ICSB Wilayah Tengah (Jawa, Bali, Nusa dan Kalimantan) Hasan Abdul Rozak.

Baca Juga: Demi Kesehatan Mental, Nagita Slavina Menutupi Jika Terpapar Covid-19

Secara konkret, Hasan menyatakan upaya kerja sama dengan pasar moderen agar produk UMKM bisa masuk ke pasar tersebut serta memperluas jaringan dengan sesama pelaku usaha perlu dioptimalkan.

Jangkauan pemasaran luar negeri melalui jaringan yang sudah terbangun diharapkan juga bisa mendorong usaha ini bisa terus berkembang dan naik kelas.

''Selanjutnya akan ada workshop ekspor oleh Bank Indonesia, Kementerian Perindustrian- Perdagangan, UKM Eksportir serta platform digital dalam bentuk katalog virtual.”

Kepala Dina's Perindustrian dan Perdagangan Jateng Arif Sambodo saat membuka kegiatan menyampaikan, ekspor Jateng sepanjang Januari- Mei ini tumbuh sekitar 24,68 persen.

Baca Juga: Ahmad Umar, Diberi Gelar Bapak Madrasah Indonesia

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Ganjar Melapak, UMKM Kembali Tersenyum

Sabtu, 20 November 2021 | 11:24 WIB

32.620 Debitur di Magelang Terima Pinjaman Ultra Mikro

Minggu, 14 November 2021 | 21:30 WIB
X