Program Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMK Segera Diluncurkan

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 20:05 WIB
Ilustrasi industri halal. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi industri halal. (suaramerdeka.com / dok)

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ada kabar baik bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di Indonesia. Saat ini pemerintah tengah menyiapkan program Sertifikasi Halal Gratis atau disebut program SEHATI.

Program yang akan segera digulirkan ini sekarang disiapkan oleh Kementerian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) bersama-sama dengan nomor Kementerian/Lembaga terkait.

"Saat ini kami sedang menyiapkan Program Sertifikasi Halal Gratis atau disebut dengan Program SEHATI. Dalam beberapa hari ke depan, program ini insya Allah akan segera kita luncurkan," kata Mastuki di Jakarta, Jum'at (30/7/2021).

Baca Juga: Siap Mengabdi, 22.000 Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Akan Disebar ke 3.593 SD dan 491 SMP

Mastuki mengatakan, program SEHATI ini merupakan bagian dari upaya serius pemerintah untuk membantu pelaku UMK di masa sulit akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

"Data kami menunjukkan bahwa selama pandemi khususnya di masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), jumlah pelaku UMK yang mengajukan permohonan sertifikasi halal di BPJPH sangat menurun. Karenanya, kita mengharapkan sertifikasi halal gratis melalui program SEHATI ini menjadi instrumen kebijakan pemerintah yang membantu mendorong UMK. kita untuk kembali bergeliat dan bangkit setelah pandemi Covid-19," lanjut Mastuki.

Mantan juru bicara Kemenag itu menjelaskan lebih lanjut bahwa program SEHATI ini merupakan salah satu wujud nyata pemerintah dalam memberikan dukungan untuk produk UMK dengan memberikan kemudahan dalam mengembangkan usaha.

Dengan bersertifikat halal, dipastikan produk UMK akan memiliki nilai tambah sehingga berdaya saing tinggi baik di pasar lokal maupun global.

Baca Juga: Mentan Minta Kepala Daerah Perkuat Serapan KUR, untuk Tingkatkan Produktivigas Pangan

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X