Akses Malioboro Dibuka Terbatas, Baru 30-40 Persen Pelaku Usaha Kembali berjualan

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 17:02 WIB
Suasana lengang tampak di sektor utara pedestrian Malioboro pada penerapan PPKM Darurat hari pertama, Sabtu (3/7). (Suaramerdeka.com/dok)
Suasana lengang tampak di sektor utara pedestrian Malioboro pada penerapan PPKM Darurat hari pertama, Sabtu (3/7). (Suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Sekitar 30-40 persen pelaku usaha di kawasan wisata Malioboro Yogyakarta muali menjalankan usahanya. Mereka sempat berhenti berjualan selama sekitar tiga pekan sejak PPKM diberlakukan pada 3 Juli.

"Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) dan toko-toko di sepanjang Malioboro sudah kembali buka. Memang belum semuanya buka, baru sekitar 30 sampai 40 persen yang sudah kembali beraktivitas," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelola Kawasan Cagar Budaya Yogyakarta Ekwanto di Yogyakarta, Jumat, seperti dikutip dari Antara.

PKL dan toko yang sudah kembali berjualan tersebut menjual souvenir dan produk pakaian atau aksesoris.

Baca Juga: Empati Terhadap Rakyat, PPP Tunda Muscab dan Prioritas Aksi Sosial

"Ada juga sedikit PKL kuliner dan lesehan di Malioboro yang juga kembali buka," kata Ekwanto.

Meski geliat kegiatan perekonomian sudah terlihat, namun pengunjung ke kawasan tersebut masih terbilang cukup sepi dibanding kondisi normal.

"Sebagian besar adalah pengunjung lokal. Warga Yogyakarta saja, belum ada pengunjung dari luar daerah atau wisatawan," katanya.

Akses jalan menuju Malioboro yang kembali dibuka pekan lalu, belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya aktivitas perekonomian di kawasan tersebut.

"Akses jalan memang sudah dibuka, tetapi terbatas. Hanya sepertiga dari lebar ruas jalan sehingga lalu lintas pun belum ramai. Mungkin hal ini juga menyebabkan belum seluruh PKL dan toko kembali buka," imbuh Ekwanto

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sinergi Hippindo dan Kadin Jawa Tengah Serap Produk UMKM

Senin, 27 September 2021 | 13:29 WIB

PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

Senin, 27 September 2021 | 11:34 WIB

Tren Bisnis Auto Cuan Diperkenalkan

Minggu, 26 September 2021 | 19:22 WIB

Rumah juga Perlu Asuransi, Ayo Kenali Manfaatnya

Rabu, 22 September 2021 | 21:53 WIB
X