Harga Minyak Naik Tipis Seiring Permintaan Tumbuh Lebih Cepat dari Pasokan

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:48 WIB
Kilang Minyak. (Dariusz Kopestynski from Pixabay)
Kilang Minyak. (Dariusz Kopestynski from Pixabay)

NEW YORK, suaramerdeka.com – Seiring permintaan tumbuh lebih cepat dari pasokan, harga minyak naik tipis pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), dengan patokan global Brent membukukan kenaikan bulanan keempat.

Untuk pengiriman pada September, harga minyak mentah berjangka Brent yang berakhir pada Jumat (30/7/2021), terangkat 28 sen atau 0,4 persen, menjadi menetap di 76,33 dolar AS per barel.

Untuk pengiriman Oktober, kontrak yang lebih aktif mengakhiri sesi dengan menguat 31 sen menjadi 75,41 dolar AS per barel.

Dalam periode pengiriman September, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS bertambah 33 sen atau 0,5 persen, menjadi ditutup pada 73,95 dolar AS per barel.

Baca Juga: Intervensi Penanganan Covid-19 DIY, Kepala BNPB Sebut 2 Hal Ini

Kedua harga acuan minyak mencatat kenaikan lebih dari 2,0 persen untuk minggu ini, sementara Brent naik 1,6 persen pada Juli, kenaikan bulanan keempat berturut-turut. WTI tidak berubah untuk bulan ini.

Analis menuturkan, engan kasus Virus Corona yang meningkat di Amerika Serikat, di seluruh Asia dan sebagian Eropa, tingkat vaksinasi yang lebih tinggi akan membatasi perlunya penguncian keras yang memusnahkan permintaan selama puncak pandemi tahun lalu.

"Kompleks minyak tampaknya telah melihat kedua faktor Virus Corona dalam menentukan bahwa permintaan hanya akan mengalami sedikit penurunan, setidaknya satu yang akan terbukti sangat kecil sehubungan dengan penurunan konsumsi tahun lalu," kata Presiden Ritterbusch and Associates, Jim Ritterbusch, di Galena, Illinois.

Data dari perusahaan jasa energi Baker Hughes menunjukkan, jumlah rig minyak AS telah meningkat selama 11 bulan berturut-turut, tetapi turun dua rig menjadi 385 rig minggu ini.

Baca Juga: Pemberlakuan PPKM Darurat Jawa-Bali, Presiden: Tidak Ada Jalan Lain Saat Itu

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga, Emas Merangkak Naik

Kamis, 23 September 2021 | 08:12 WIB
X