Menuju UMKM Kompetitif 2030, ICSB Gelar Berbagai Kegiatan

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 09:48 WIB
Seorang fasilitator mendampingi adaptasi teknologi kepada pemilik UMKM (kanan) di Surabaya. (suaramerdeka.com / dok)
Seorang fasilitator mendampingi adaptasi teknologi kepada pemilik UMKM (kanan) di Surabaya. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Memperingati HUT UMKM Internasional yang jatuh pada Tanggal 27 Juni dan HUT UMKM Nasional yang jatuh pada Tanggal 12 Agustus, Indonesia Council for Small Business (ICSB) Regional Jawa Tengah menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Ketua Panitia HUT UMKM 2021 Tingkat Jawa Tengah, yang juga sebagai Sekretaris ICSB Regional Jawa Tengah, Sudarto menuturkan, tujuan yang hendak dicapai, yakni memberikan edukasi, fasilitasi, advokasi dan apresiasi kepada pengusaha UMKM.

"Melalui kegiatan ini, kami juga memberikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan UMKM di Jawa Tengah," ujar Sudarto dalam rilisnya.

Disampaikannya, tema pada tahun ini yakni "Menuju UMKM Kompetitif 2030". Dia menambahkan, peran UMKM sangat vital dalam ikut serta menjaga kestabilan perekonomian nasional.

Baca Juga: Operator dan Awak Mobil Tangki Pertamina di Boyolali Jalani Vaksinasi

Maka keterlibatan 4 pilar (akademisi, peneliti, pengusaha dan birokrasi) di dalam kepengurusan ICSB menjadi sangat relevan.

Apalagi, sambungnya,  bagi pemerintah sudah selayaknya memberikan kebijakan dan keberpihakan yang lebih besar untuk pengembangan dan kemajuan UMKM.

"Mengingat situasinya masih dilanda Covid-19, bahkan masih dalam situasi PPKM, maka kegiatan HUT UMKM Tahun 2021 diselenggarakan dengan cara zoom online dan luring (semi online dan offline).  Kegiatan HUT UMKM di Jawa Tengah akan berlangsung dari  27 Juli dan berakir pada 12 Agustus 2021, " ungkapnya.

Adapun kegiatan HUT UMKM 2021 di Jawa Tengah meliputi :

  1. Seminar Bisnis, tema yang diusung “Menuju UMKM kompetitif 2030 – Saatnya Maju” sebagai narasumber (a) Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum. (Rektor UNS Surakarta), (b) Meta Dharmasaputra (Co Founder Katadata) (c) Robi Tjiptadjaya (Global Leadership Center), dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2021.
  2. Workshop Ekspor, tema yang diusung “Menuju UMKM Kompetitif – Saatnya Ekspor” sebagai narasumber (a) Pimpinan Bank Indonesia Jawa Tengah, (b) Pimpinan Pelaksana LPEI (c) Istikanah (Pengusaha Ekspor), dilaksanakan pada Tanggal 3 Agustus 2021
  3. Business Matching,  tema yang diusung “Menuju UMKM Kompetitif 2030 – Saatnya Scale-Up” sebagai narasumber para pengusaha UMKM binaan ICSB Area Kabupaten / Kota se Jawa Tengah, yang memiliki kualitas produk unggulan, dilaksanakan pada Tanggal 31 Juli dan 7 Agustus 2021.
  4. ACSB Award, tema yang diusung “Menuju UMKM Kompetitif 2030 – Saatnya Berbagi” sebagai nominator (a) Pengusaha UMKM, (b) Akademisi, (c) Birokrasi, (d) Peneliti, (e) Korporasi, (f) Media, (g) Tokoh (h) ICSB Area, penilaian dilaksanakan mulai Tanggal 27 Juli s/d 10 Agustus 2021.
  5. Micro, Small and Medium Enteprises (MSME DAY) 2021, tema yang diusung “Menuju UMKM Kompetitif 2030 – Saatnya Peduli” narasumber yang diusung (a) Sandiaga Uno (menparekraf), (b) Teten Masduki (Menkop & UKM), (c) Retno Marsudirini (Menlu). Undangan VIP (a) ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Yuliatmono (Bupati Karanganyar) dan para Bupati / Walikota se-solo raya serta para duta besar. Dimeriahkan lomba fashion show dan duta UMKM Karanganyar, dilaksanakanpada Tanggal 12 Agustus 2021.

"Walaupun HUT UMKM 2021 dilaksanakan dalam suasana keterbatasan dan kesederhanaan, akan tetapi tidak mengurangi semangat dan makna bahkan bobot dari peringatan dimaksud, demikian penjelasan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mbak Ita Ajak Muslimat NU Tangani Ekonomi Kreatif

Kamis, 23 September 2021 | 20:57 WIB

PBMTI Pastikan Pedagang Kecil Terima Pembiayaan

Kamis, 23 September 2021 | 18:45 WIB

Naik Kelas, UMKM Perlu Mulai Pertimbangkan Green Economy

Kamis, 23 September 2021 | 16:36 WIB

Dongkrak Penjualan UMKM, Warung Serasi Resmi Dibuka

Selasa, 21 September 2021 | 21:57 WIB
X