Pemberian Diskon Tarif Listrik, Harus Dibarengi Data Perubahan Ekonomi

- Jumat, 30 Juli 2021 | 10:24 WIB
Dialog virtual bertema “Update Kelanjutan Program Stimulus Listrik” yang digelar KPCPEN. (suaramerdeka.com / dok)
Dialog virtual bertema “Update Kelanjutan Program Stimulus Listrik” yang digelar KPCPEN. (suaramerdeka.com / dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menilai, kebijakan pemerintah memberi stimulus ketenagalistrikan berupa diskon tarif listrik adalah langkah tepat, terlebih dalam menghadapi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Dalam situasi seperti sekarang ini, Pemerintah harus turun tangan. Pemberian stimulus listrik ini hal yang baik untuk pelanggan rumah tangga 450 VA hingga 900 VA bersubsidi, bisnis, juga industri termasuk UMKM. Kalau tidak, nanti bisa ambruk,” ujar Agus.

Hal itu dikatakan dalam dialog virtual bertema “Update Kelanjutan Program Stimulus Listrik” yang digelar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis (29/7/2021).

Namun Agus mengingatkan pentingnya PLN membuat data pelanggan yang menunjukkan perubahan ekonomi pelangggan setelah mendapatkan stimulus listrik.

Baca Juga: Zona Merah Covid-19 Nasional Nyaris 200 Daerah, Jatim-Jateng Tetap Tertinggi

“Yang penting PLN bisa membuat data dari kelompok masyarakat yang dibantu, mereka meningkat tidak ekonominya, atau paling tidak bisa survive.”

“Data itu bisa menunjukkan mana yang bertahan, mana yang berkembang. Paling tidak PLN punya data yang bisa dipakai oleh regulator  yang menunjukkan kalau stimulus ini memang menolong masyarakat,” kata Agus.

Sebelumnya, Pemerintah memperpanjang stimulus program ketenagalistrikan berupa diskon tarif tenaga listrik, pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum hingga Desember 2021.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan PT PLN (Persero), Ida Nuryatin Finahari mengatakan, hal ini untuk meringankan beban masyarakat di masa PPKM Level 4.

Baca Juga: Ketua BKSP Jateng Hertoto Basuki Meninggal Dunia, Dimakamkan dengan Prokes

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dongkrak Penjualan UMKM, Warung Serasi Resmi Dibuka

Selasa, 21 September 2021 | 21:57 WIB
X