Dianggap Seksi, Uni Eropa Lirik Investasi di Jawa Tengah, Ganjar : Kawasan Industri dan Insentif Disiapkan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 20:16 WIB
Sinergi dan kolaborasi Uni Eropa, KADIN Jawa Tengah dan Pemprov Jawa Tengah serta kawasan industri untuk mendorong investor asing. (suaramerdeka.com/Modesta Fiska)
Sinergi dan kolaborasi Uni Eropa, KADIN Jawa Tengah dan Pemprov Jawa Tengah serta kawasan industri untuk mendorong investor asing. (suaramerdeka.com/Modesta Fiska)

SEMARANG, suaramerdeka.com- Langkah Pemprov Jawa Tengah mendorong laju investasi termasuk dari negara-negara Uni Eropa terus digenjot.

Sejauh ini investasi dari Uni Eropa tiga besar masih dikuasai Jerman disusul Belgia dan Luxembourg dengan nilai sekitar 4.924,40 ribu dolar AS di semester I-2022.

Penjajakan peluang bisnis penting mengingat situasi dunia diprediksi akan gelap di 2023 sehingga diperlukan terobosan untuk mengantisipasi yang terburuk.

Baca Juga: Wavin Tanamkan Investasi di Grand Batang City, Bangun Pabrik Seluas 20 Hektar

Menurut Ganjar, sejumlah kawasan industri termasuk juga yang ada di Batang yakni Grand Batang City atau Kawasan Industri Terpadu Batang juga siap menampung investor asing.

Sejumlah insentif dan kemudahan yang diberikan bisa menjadi pertimbangan dalam memulai usaha di Indonesia khususnya di Jawa Tengah.

"Persoalannya sama, situasinya memang tidak mudah di Eropa, soal pangan, gas juga jadi masalah, dan banyak hal akibat tekanan ekonomi global sehingga kita perlu menyiapkan diri membuat terobosan," papar Ganjar di sela diskusi Uni Eropa - Central Java Trade and Investment Dialogue di Hotel Gumaya, Kota Semarang, Selasa 4 Oktober 2022.

Baca Juga: PMA Masih Dominasi Investasi Jawa Tengah, Kota Mana yang Realisasinya Tertinggi?

Di depan Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket, Ganjar juga berharap makin banyak lagi negara di Uni Eropa yang bisa masuk ke Jawa Tengah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah menghadiri ground breaking perusahaan Wavin di Grand Batang City.

Halaman:

Editor: Modesta Fiska

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Lahirkan Wirausaha Baru 

Rabu, 30 November 2022 | 19:04 WIB
X