Menko Airlangga Hartarto: Inflasi Indonesia Terkendali Perlu Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah

- Jumat, 30 September 2022 | 11:35 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2022. (suaramerdeka.com / dok Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2022. (suaramerdeka.com / dok Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Saat ini inflasi Indonesia masih di level 4 hingga 5 persen.

Padahal inflasi di berbagai negara maju sudah berada di kisaran 8 sampai 10 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan untuk mengendalikan inflasi di Indonesia, dibutuhkan sinergi dan kerja sama antara pemerintah pusat dengan daerah.

Baca Juga: Arahan Presiden Joko Widodo Menghemat Uang Negara, Senjata untuk Kelola APBN

Airlangga menegaskan, ketidakpastian perekonomian global, krisis pangan dan energi membuat seluruh negara di dunia di ambang risiko inflasi tinggi.

"Sinergi dari TPIP dan TPID terus dilakukan melalui berbagai langkah dan program, yang bertujuan untuk menjaga keterjangkauan harga, memastikan ketersediaan pasokan, dan menjamin kelancaran distribusi,” kata Airlangga Hartarto, Kamis, 29 September 2022.

Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) ini menambahkan, antara pusat dan daerah harus bekerja sama menjaga produksi dan pasokan bahan pokok.

Baca Juga: BSU 2022 Tahap 4 Kapan Cair? Simak Bocoran Kemnaker Beserta Cara Mengeceknya

Airlangga Hartarto memberi contoh, jika pada kondisi kurangnya pasokan cabai merah yang membuat harga melonjak tinggi, kepada daerah memiliki tugas mengajak petani setempat menanam cabai untuk memenuhi pasokan.

“TPIP dan TPID harus terus mengidentifikasi wilayah surplus dan defisit, serta menjadi fasilitator yang baik, untuk mendorong kerja sama antardaerah dalam upaya pengendalian inflasi,” ujar Airlangga.

Halaman:

Editor: Cun Cahya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Lahirkan Wirausaha Baru 

Rabu, 30 November 2022 | 19:04 WIB
X