Bisa Produksi Aspal Sendiri, Jokowi Larang Indonesia Impor Aspal Lagi

- Rabu, 28 September 2022 | 17:18 WIB
Foto Twitter Jokowi
Foto Twitter Jokowi

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kabupaten Buton memiliki potensi produksi 662 juta ton aspal, bisa produksi sendiri. Jokowi larang Indonesia impor aspal lagi.

Saat melakukan peninjauan pabrik aspal di PT Wika Bitumen, Kabupaten Buton pada Selasa 27 September 2022, Presiden Jokowi menyayangkan Indonesia masih mengimpor aspal.

Ini karena di kabupaten Buton memiliki potensi untuk menjadi industri penghasil aspal yang begitu besar. sebagaimana ia sampaikan di saat kunjungan.

Baca Juga: Pacari Remaja 14 Tahun, Kriss Hatta Disebut Pedofil oleh Warganet, Simak Pengertian dan Ciri Pelaku

"Ini ada potensi besar di Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu aspal dan tambang aspal di Kabupaten Buton. Yang (jadi) problem adalah kita ini malah impor sampai kurang lebih lima juta ton per tahun-

Di sini produksi malah tidak dijalankan, impor (jalan) terus," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis. dikutip suaramerdeka.com 28 September 2022

Jokowi selanjutnya menyampaikan instruksi kepada jajarannya untuk membangkitkan dan menciptakan kembali hilirisasi industri aspal agar mendapatkan nilai tambah.

Baca Juga: Profil Anita Jacoba, Anggota DPR RI yang Berani Semprot Mendikbud Nadiem Makarim

"Kemarin, saya bicara dengan menteri, hari ini kita lihat di lapangan. Kami harapkan adaindustrial down streaming di sini. Ada hilirisasi di sini," ucapnya.

Ia juga akan melarang pabrik-pabrik mengambil materi mentahnya tanpa ada nilai tambah. "Gak, itu harus disetop,"

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

X