RSIA Anugerah Semarang Terima Akreditasi STARKES-KARS secara Paripurna

- Rabu, 28 September 2022 | 14:52 WIB
Perawat RSIA Anugerah (suaramerdeka.com/dok)
Perawat RSIA Anugerah (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Anugerah yang berlokasi di jalan Kalisari Baru kota Semarang berupaya terus meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan dengan membangun budaya peningkatan keselamatan pasien.

Salah satunya melalui akreditasi yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bagi semua rumah sakit di Indonesia.

Belum lama ini, RSIA Anugerah Semarang berhasil meraih Akreditasi STARKES Paripurna (bintang 5) sebagai salah satu rumah sakit standar nasional dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Baca Juga: Park Min Young Diterpa Isu Kencan dengan Bos Besar, Hook Entertainment Buka Suara

KARS merupakan lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor HK.01.07/MENKES/406/2020 yang telah diakreditasi oleh The International Society for Quality in Health Care (ISQua) dan tersertifikasi Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016.

Akreditasi sendiri merupakan pengakuan terhadap mutu pelayanan setelah dilakukan penilaian bahwa rumah sakit telah memenuhi Standar Akreditasi sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Akreditasi Rumah Sakit.

Adapun penilaian yang dilakukan meliputi Tata Kelola Rumah Sakit, Kualifikasi dan Pendidikan Staf (KPS), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Manajemen Rekam Medik dan Informasi Kesehatan (MRMIK), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), dan Pendidikan dalam Pelayanan Kesehatan (PPK), Akses dan Kontinuitas Pelayanan (AKP), Hak Pasien dan Keterlibatan Keluarga – (HPK), Pengkajian Pasien (PP), Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP), Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO), serta Komunikasi dan Edukasi (KE).

Baca Juga: Keren dan Inovatif, Siswa SD di Surabaya Olah Bunga Telang jadi Makanan

Dan, dari 5 predikat akreditasi yaitu Perdana, Dasar, Madya, Utama dan Paripurna RSIA Anugerah Semarang berhasil meriah akreditasi 5 bintang atau Paripurna.

Dokter Sri Kadarsih, MM, Direktur RSIA Anugerah Semarang mengungkapkan bahwa pihaknya tidak membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkan akreditasi karena apa yang dinilai adalah apa yang dikerjakan sehari-hari dalam pelayanan pasien.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

X