LPS Naikkan Tingkat Bunga Penjaminan, Jaga Momentum Perbaikan Fungsi Intermediasi Perbankan

- Rabu, 28 September 2022 | 07:20 WIB
LPS menaikkan bunga penjaminan simpanan baik rupiah maupun valuta asing. (Foto : LPS)
LPS menaikkan bunga penjaminan simpanan baik rupiah maupun valuta asing. (Foto : LPS)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan untuk menaikkan Tingkat Bunga Penjaminan (TBP) bagi simpanan dalam Rupiah di Bank Umum dan BPR masing-masing sebesar 25 bps.

LPPS juga menaikkan T untuk simpanan dalam valuta asing (valas) di Bank Umum sebesar 50 bps, menjadi sebagai berikut: TBP Rupiah di Bank Umum sebesar 3,75 persen dan valas menjadi 0,75 persen.

Kemudian TBP Rupiah di Bank Perkrediatan Rakyat (BPR) menjadi 6,25 persen.

Baca Juga: Pemilu dan Pilpres Momentum Kepentingan Bangsa, Ibas: SBY dan Partai Demokrat Pro-Indonesia

TBP tersebut berlaku sejak tanggal 1 Oktober 2022 sampai dengan 31 Januari 2023, dan ditetapkan dalam Rapat Dewan Komisioner (RDK), Senin, 26 September 2022.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menyatakan ada beberapa pertimbangan yang mendasari kebijakan tersebut.

Antara lain, memberi ruang perbankan merespon kebijakan suku bunga bank sentral dengan menjaga kecukupan cakupan penjaminan dan tetap suportif bagi fungsi intermediasi perbankan.

Baca Juga: Baca Asmara Zodiak Hari Ini 28 September 2022 Libra, Scorpio, Sagitarius: Mudah Tersinggung Bikin Cinta Rumit

"Kebijakan tersebut juga mempertimbangkan, transmisi kenaikan suku bunga acuan terhadap suku bunga simpanan di tengah likuiditas perbankan yang masih longgar, memperkuat sinergi kebijakan dengan otoritas lain dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi, dan cakupan penjaminan yang masih cukup stabil," ujarnya dalam Konferensi Pers Penetapan TBP, di Jakarta, Selasa 27 September 2022.

Nantinya, LPS secara berkelanjutan akan terus melakukan asesmen dan evaluasi terhadap perkembangan kondisi perekonomian dan perbankan yang signifikan serta berpotensi mempengaruhi penetapan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Ini Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjaman Online

Kamis, 24 November 2022 | 10:36 WIB
X