Harga BBM Naik, Harga Komoditas Pokok di Jawa Barat Tak Terpengaruh

- Selasa, 27 September 2022 | 07:50 WIB
Ilustrasi komoditas bahan pokok. (Mochamad Arief/Pixabay)
Ilustrasi komoditas bahan pokok. (Mochamad Arief/Pixabay)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kenaikan harga BBM pada awal September ini tak memberikan tekanan berarti kepada sejumlah komoditas pokok masyarakat di Jawa Barat.

"Saya cek ke pasar, dan juga laporan Indag, fluktuasi dari BBM ternyata tidak terlalu tinggi," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, usai Rapim BLT di Gedung Sate Bandung, Senin 26 September 2022.

Dari hasil pantauan tersebut, Ridwan Kamil hanya mencatat dua komoditas yang kenaikannya paling menonjol dibanding lainnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang 27 September 2022: Cerah Berawan Sepanjang Hari

Namun, semua masih dalam batas koridor yang aman.

"Rata-rata per minggu ini kenaikannya tidak signifikan. Hanya dua komoditas yang menyentuh 10 persen yakni bawang putih dan cabai rawit sisanya ada yang turun, tengahnya naik tapi di bawah 10 persen, kalau di bawah 10 persen, itu artinya masih relatif aman terkendali," jelasnya.

Meski demikian, Ridwan Kamil menjanjikan pemberian subsidi untuk kegiatan transportasi yang mengangkut kebutuhan pokok masyarakat.

Baca Juga: Kasus Suap Perkara Mahkamah Agung, Diduga Ada Keterlibatan Hakim Agung Lain Selain Sudrajad Dimyati

Langkah ini perlu dilakukan guna tetap menjaga stabilitas harga.

"Kami alokasikan, kita akan membayari sebagian ongkos-ongkos transportasi dari komoditas sehingga harga ke pasar dan pembeli terakhirnya tidak terlalu besar naiknya," kata Kang Emil.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X