Imbauan PLN kepada Masyarakat, Jangan Lakukan Aktivitas Berbahaya di Sekitar Instalasi Listrik

- Senin, 26 September 2022 | 13:42 WIB
Aktivitas pembakaran lahan tebu tepat di bawah penghantar SUTT Karanganyar. (suaramerdeka.com / dok)
Aktivitas pembakaran lahan tebu tepat di bawah penghantar SUTT Karanganyar. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com - PT PLN (Persero) melalui UPT Salatiga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas membahayakan seperti pembakaran di sekitar instalasi listrik PLN.

Pasalnya, aktivitas tersebut dapat berdampak buruk pada instalasi PLN dan menganggu keandalan pasokan listrik.

Seperti yang terjadi pada Ruas penghantar Saluran Udara TeganganTinggi (SUTT) Palur – Gondangrejo Tower 13-14 di Desa Plesungan, Kabupaten Karanganyar, pada Minggu 25 September kemarin.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Fakta-fakta Es Teh Indonesia, Modal Rp 5 Juta Hingga Angkat Nagita Slavina Jadi Bos

Akibat aktivitas pembakaran dilahan tebu oleh masyarakat yang terletak tepat di bawah penghantar SUTT tersebut, api terpantau melebar dan membesar sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kelistrikan.

Merespon kejadian tersebut, Tim PLN UPT Salatiga segera berkoordinasi dengan Damkar Kota Surakarta dan Kabupaten Karanganyar untuk bergerak cepat melakukan pengamanan pemadaman api.

“Proses evakuasi pemadaman api tersebut berlangsung selama kurang lebih 56 menit dengan menerjunkan sebanyak 21 personil gabungan PLN dan Damkar. Tepat pada pukul 20.56 WIB, api berhasil dipadamkan,” terang Manager UPT Salatiga, Sidik Prasetyo Kusmiarso.

Baca Juga: Intip Bocoran Prediksi Cinta Zodiak Libra, Aries, Pisces, Sagitarius, Gemini, Virgo, Selasa, 27 September 2022

Sidik menuturkan, aktivitas pembakaran dibawah penghantar SUTT tersebut dapat berisiko menyebabkan kawat konduktor putus.

Jadi, dapat membahayakan masyarakat, ataupun bangunan yang ada dibawahnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pupuk Indonesia Go Global Lewat Ekspansi di Dubai

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:01 WIB
X