Pelaku UMKM Getasan Dapat Penyuluhan, Urai Berbagai Permasalahan di Lapangan

- Sabtu, 24 September 2022 | 11:24 WIB
Tim pengabdian kepada masyarakat Polines berfoto bersama dengan salah satu pelaku UMKM di Dusun Kembang, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com / dok)
Tim pengabdian kepada masyarakat Polines berfoto bersama dengan salah satu pelaku UMKM di Dusun Kembang, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Semarang (Polines) memberikan penyuluhan pelaku UMKM Keripik Zilfi di Dusun Kembang, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Ketua tim pengabdian, Mirasanti Wahyuni, SE, M.Si mengatakan pengabdian kepada UMKM Keripik Zilfi ini dilakukan bersama sejumlah dosen Polines dari berbagai disiplin ilmu.

Dijelaskan, pengabdian tim dosen Polines ini untuk menjawab kebutuhan UMKM Keripik Zilfi yang memiliki berbagai macam permasalahan.

Baca Juga: Mantap Abis! Dihantam Keberuntungan Besar, 4 Shio Ini Bakal Dapat Rezeki Besar di Bulan Oktober

Salah satunya alat perajang yang digunakan masih menggunakan perajang manual yang memakan waktu cukup lama saat proses perajangan.

"Permasalahan lain adalah produk eceran yang dikemas dengan plastik biasa dengan desain yang kurang menarik," kata Mirasanti Wahyuni, Sabtu 24 September 2022.

Permasalahan berikutnya, lanjut dia soal pemasaran yang selama ini hanya di lingkup relasi pemilik.

Baca Juga: Prediksi Karir dan Keuangan Zodiak Gemini, Aquarius, Scorpio, Capricorn, Leo, Aries, Minggu 25 September 2022

Kemudian penentuan harga juga masih berdasarkan perkiraan dan kepantasan sehingga pemilik terkadang harus menanggung biaya tambahan yang lupa diperhitungkan.

“Berdasarkan keprihatinan tersebut, kami memberikan alat bantu untuk produksi jagung, berupa mesin perajang, desain logo dan kemasan, pelatihan pembuatan akun di marketplace, dan pelatihan penentuan harga pokok produk," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dekopin Konsisten Beri Pendampingan UMKM dan Koperasi

Sabtu, 19 November 2022 | 15:05 WIB

KADIN Binus Luncurkan Program Pendampingan UMKM

Sabtu, 12 November 2022 | 06:15 WIB

Bangkitkan UMKM Lokal Melalui Dana Bergulir

Senin, 31 Oktober 2022 | 08:08 WIB
X