Kerja Sama IMT-GT, Diharapkan Dapat Dirasakan Daerah di Masing-masing Negara

- Selasa, 20 September 2022 | 06:45 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dalam Pertemuan Tingkat Menteri IMT-GT di Phuket Thailand. (suaramerdeka.com / ekon.go.id)
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dalam Pertemuan Tingkat Menteri IMT-GT di Phuket Thailand. (suaramerdeka.com / ekon.go.id)

PHUKET, suaramerdeka.com - Kerja sama Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dalam beberapa tahun terakhir telah menghasilkan banyak perkembangan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di kawasan.

Selain secara nasional, hasil implementasi dari program-program IMT-GT diharapkan dapat dirasakan juga oleh daerah-daerah di masing-masing negara, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Dalam pertemuan tersebut, para Menteri berdiskusi secara mendalam tentang kemajuan implementasi program Kerja Sama Sub-Kawasan IMT-GT serta arah kerja sama ke depan untuk mendukung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi daerah.

Baca Juga: Intip Asmara Zodiak Hari Ini 20 September 2022 Cancer, Leo, Virgo: Cahaya Cinta Baru yang Penuh Gairah

Program IMT-GT antara lain berhubungan dengan perkembangan pariwisata dan perdagangan, meningkatkan investasi, serta mengatasi pengangguran setelah masa pandemi Covid-19.

Termasuk juga Proyek Konektivitas Prioritas (PCPs) yang merupakan proyek-proyek prioritas untuk mendukung konektivitas antar wilayah dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Proyek-proyek ini meliputi jalan, pelabuhan, bandara maupun Information and Communication Technology (ICT).

Baca Juga: Dipecat Secara Tak Hormat, Ini 7 Pelanggaran Etik yang Dilakukan Ferdy Sambo

Untuk menjamin keberlanjutan dan keterhubungan antar wilayah dalam kerja sama IMT-GT maka dilakukan dengan pendekatan koridor ekonomi.

“Ke depan, proyek-proyek yang ada dalam kerja sama akan diarahkan untuk mendukung poin-poin dalam koridor ekonomi yang ada. Saat ini, terdapat 5 Koridor Ekonomi yang menghubungkan poin-poin utama antar daerah di ketiga negara, dan sudah diusulkan penambahan 1 koridor baru yang akan difokuskan melalui keterhubungan laut,” jelas Menko Airlangga Hartarto, beberapa waktu lalu.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pupuk Indonesia Go Global Lewat Ekspansi di Dubai

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:01 WIB
X