Pelaku Pariwisata Harap PPKM Level 3-4 Adalah yang Terakhir

- Senin, 26 Juli 2021 | 15:20 WIB
 LENGANG: Salah satu destinasi wisata di kawasan lereng Gunung Merbabu lengang dari kunjungan wisata akibat terus berlakunya PPKM yang sangat berdampak pada industri pariwisata di Magelang. (suaramerdeka.com/Asef Amani)
LENGANG: Salah satu destinasi wisata di kawasan lereng Gunung Merbabu lengang dari kunjungan wisata akibat terus berlakunya PPKM yang sangat berdampak pada industri pariwisata di Magelang. (suaramerdeka.com/Asef Amani)

 MAGELANG, suaramerdeka.com – Para pelaku pariwisata di Kabupaten Magelang berharap perpanjangan PPKM Level 3-4 mulai 26 Juli-2 Agustus 2021 adalah yang terakhir. Pasalnya, imbas kebijakan tersebut, objek-objek pariwisata tutup sementara, sehingga tidak ada pendapatan yang mereka peroleh.

Ketua Forum Daya Tarik Wisata (DTW) Kabupaten Magelang, Edward Alfian mengatakan, para pelaku pariwisata berharap PPKM kali ini adalah pembatasan yang terakhir asal jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang memang turun. Pasalnya, mereka sama sekali tidak memiliki pendapatan ekonomi, padahal dari sektor itulah mereka bergantung.

"Kami berharap pemerintah meluncurkan program jaring pengaman sosial atau jaring pengaman ekonomi khusus pelaku pariwisata," ujarnya kepada Suara Merdeka saat dihubungi, Senin (26/7).

Baca Juga: Tinjau Isolasi Rumdin Walikota Semarang, Panglima Ingatkan Tugas Tracing Masif TNI-Polri

Edward lantas mempersoalkan bantuan subsidi upah (BSU) bagi pekerja sektor non-kritikal di wilayah level 4. Wilayah di level 3, terutama Kabupaten Magelang, juga menerapkan pembatasan sosial yang sama seperti di wilayah level 4, baik saat PPKM Darurat maupun PPKM Level 3-4.

Edward pun menyesalkan adanya perbedaan bantuan uang yang diberikan.

"Kami sudah sampaikan ke Dinas Pariwisata. Saya juga sampaikan aspirasi lewat media sosial, Kemenaker, Pak Ganjar Pranowo, dan beberapa kementerian yang terlibat sudah di-tag (ditandai, red), tapi belum ada respons," katanya.

Baca Juga: Tenaga Medis Penting Dampingi Warga Isoman, Legislator Minta Telemedis Diterapkan

Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Ketep Pass itu juga mengaku telah meminta para pelaku pariwisata menyiapkan haluan bisnis baru apabila PPKM Level 3-4 kembali diperpanjang. Kendati demikian, ia menyayangkan jika bisnis pariwisata yang sudah puluhan tahun eksis mesti gulung tikar imbas kebijakan pemerintah tersebut.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Transaksi Fisik Pasar Timah Melonjak

Kamis, 16 September 2021 | 22:29 WIB
X