Lewat Sosialiasi dan FGD, LPS dan Polri Perkuat Komitmen Penegakan Hukum di Bidang Perbankan

- Jumat, 16 September 2022 | 08:36 WIB
LPS bersama Polri mengadakan Sosialisasi dan Focus Group Discussion. (suaramerdeka.com / dok)
LPS bersama Polri mengadakan Sosialisasi dan Focus Group Discussion. (suaramerdeka.com / dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus meningkatkan sinergi demi memperkuat komitmen penegakan hukum di bidang perbankan.

Terkini, LPS bersama Polri mengadakan Sosialisasi dan Focus Group Discussion yang merupakan kegiatan rutin secara tahunan.

Hhal ini juga merupakan salah satu implementasi dari Nota Kesepahaman antara LPS dan Polri yang telah ditandatangani Ketua Dewan Komisioner LPS dengan Polri pada tanggal 10 Januari 2019.

Baca Juga: Amboiii, 3 Shio Ini Diterjang Ombak Rezeki, Siap-siap Menjelma Jadi Jutawan dan Raja Uang

“Ini adalah kehormatan sekaligus kesempatan berharga bagi LPS untuk menyampaikan kembali pelaksanaan fungsi dan tugasnya sebagaimana diatur dalam UU LPS khususnya yang terkait dengan upaya penegakan dan penanganan kasus pidana pada bank sesuai dengan kewenangan LPS,"

"Kami berharap melalui FGD dan sosialisasi ini, kami dapat menyampaikan fungsi dan kedudukan LPS sebagai lembaga negara yang menjalan fungsi pemerintahan di bidang penjaminan dan resolusi bank yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya selalu tunduk pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Direktur Group Litigasi LPS Arie Budiman dalam kata sambutannya di acara tersebut, dihelat di Bandung, Rabu 14 September 2022.

Pada kesempatan tersebut, Arie menjelaskan dalam bidang penegakan hukum sendiri, LPS berkomitmen untuk terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang menyebabkan kerugian pada bank dan mengakibatkan bank menjadi gagal dan ditutup.

Baca Juga: Punya Banyak Akun, Identitas Asli Sosok di Balik Hacker Bjorka Pun Semakin Bias

Hal ini juga dimaksudkan sebagai pendukung upaya optimalisasi dan pemulihan biaya penjaminan yang telah dikeluarkan LPS.

“Selain itu, LPS juga mendukung upaya anti korupsi di sektor industri keuangan dengan telah diterapkannya Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan sesuai dengan International Standard Organization (ISO) 37001 di organisasi LPS” jelasnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Ini Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjaman Online

Kamis, 24 November 2022 | 10:36 WIB

Profesi Akuntan Bersinergi Hadapi Era Society 5.0

Selasa, 8 November 2022 | 17:26 WIB
X